PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) SMP/MTs SE-KOTA TEGAL TAHUN 2015


SITI NURHADI , 1301411055 (2016) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) SMP/MTs SE-KOTA TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Layanan konseling individual sebagai layanan utama dalam usaha pengentasan masalah individu untuk mencapai KES masih mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya di lapangan. Kendala tersebut disadari bersumber dari dalam diri guru BK (faktor internal) dan juga dari luar diri guru BK (faktor eksternal). Oleh karena itu, peneliti memperoleh rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah terdapat dan seberapa besar pengaruh faktor internal, faktor eksternal serta keduanya bersama-sama terhadap pelaksanaan layanan konseling individual pada guru BK SMP/MTs se-kota Tegal tahun 2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi ada atau tidaknya pengaruh faktor internal, faktor eksternal, serta keduanya bersama-sama terhadap pelakasanaan layanan konseling individual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK SMP/MTs sekota Tegal tahun 2015 dengan teknik pengambilan sampel cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah instrumen tes dan angket. Uji validitas menggunakan rumus pearson product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha. Metode analisis data analisis regresi liner sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menyebutkan adanya pengaruh positif dan signifikan faktor internal terhadap pelaksanaan layanan konseling individual sebesar 0,635. Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor eksternal terhadap pelaksanaan layanan konseling individual sebesar 0,682. Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor internal dan eksternal secara bersama-sama terhadap pelaksanaan layanan konseling individual sebesar 0,756. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu guru BK senantiasa mengevaluasi kemampuan diri untuk dapat memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan layanan konseling individual. Kepala sekolah senantiasa memberikan kebijakan yang mendukung terselenggaranya pelaksanaan layanan konseling individual yang optimal. Peneliti lain melakukan penelitian dengan metode dan pendekatan lain supaya diperoleh hasil yang lebih luas serta lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Layanan Konseling Individual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28660

Actions (login required)

View Item View Item