ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN AJARAN 2014/2015 MATA PELAJARAN PKn SD NEGERI GUGUS BINASISWA KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP
Afrida Lestari , 1401412400 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN AJARAN 2014/2015 MATA PELAJARAN PKn SD NEGERI GUGUS BINASISWA KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (411kB) | Preview |
Abstract
PKn disusun oleh satuan pendidikan, namun pada kenyataan di lapangan, soal disusun oleh tim guru di tingkat kecamatan. Selama ini, analisis butir soal US yang dilakukan oleh satuan pendidikan masih sederhana, hanya pada tingkat kesukaran soal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal US PKn. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 133 eksemplar lembar jawab dan responden yang diwawancarai adalah kepala sekolah, pengawas SD, dan penyusun soal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik validitas isi menurut Gregory dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan program Anates V4. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal Ujian Sekolah tahun ajaran 2014/2015 mata pelajaran PKn, yaitu: (1) format penulisan kisi-kisi soal yang digunakan belum sesuai; (2) memiliki validitas isi berkategori sangat tinggi; (3) distribusi jenjang ranah kognitif yaitu terdapat 26 (52%) soal berjenjang C1, 20 (40%) soal berjenjang C2; dan 4 (8%) soal berjenjang C3; (4) ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 4 (8%) soal berkategori sangat signifikan, 11 (22%) soal berkategori signifikan, dan 35 (70%) soal berkategori tidak signifikan, (5) reliabilitas soal sebesar 0,50, artinya soal tidak reliabel; (6) ditinjau dari aspek tingkat kesukaran soal, terdapat 22 (44%) soal berkategori mudah, 18 (36%) soal berkategori sedang, dan 10 (20%) soal berkategori sukar; (7) ditinjau dari aspek daya pembeda, terdapat 6 (12%) soal berkategori jelek sekali, 21 (42%) soal berkategori jelek, 18 (36%) soal berkategori cukup, 5 (10%) soal bekategori baik, dan 0 soal berkategori baik sekali; (8) ditinjau dari aspek efektivitas pengecoh, ix terdapat 14 (28%) soal mempunyai pengecoh yang baik dan 36 (72%) soal mempunyai pengecoh yang tidak baik. Proses penyusunan soal US PKn dilakukan oleh tim. Faktor utama yang memengaruhi proses penyusunan soal adalah sumber daya manusia. Sebaiknya, Pengawas memberikan bimbingan dan pelatihan kepada guru-guru tentang penyusunan soal yang baik, sehingga soal US bisa dibuat di setiap satuan pendidikan dengan kualitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, PKn, Ujian Sekolah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:20 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28659 |
Actions (login required)
View Item |