IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS IIIA SDN 2 PURBALINGGA LOR


Lanang Dwi Kurniawan , 1401412397 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS IIIA SDN 2 PURBALINGGA LOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412397.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview

Abstract

Pendidikan formal di tingkat dasar sangat berperan penting dalam pembentukan karakter, sehingga dalam dunia pendidikan formal dikenal istilah pendidikan karakter. Sekolah dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan formal di mana dalam proses pelaksanaan pendidikan di SD, penanaman konsep yang baik dan kuat sangat perlu dilaksanakan. Untuk menanamkan konsep karakter yang baik kepada siswaperlu dilaksanakan proses pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan karakter karena pada dasarnya setiap materi pembelajaran memiliki relevansi dengan pendidikan karakter, sehingga implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai media penanaman dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran di kelas IIIA SD Negeri 2 Purbalingga Lor terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berkarakter, dan evaluasi sikap, serta karakter apa yang muncul pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru, siswa dan proses pembelajarn di kelas IIIA. Subjek yang diteliti adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran berkarakter di kelas IIIA SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Keabsahan data didapat melalui triangulasi teknik dan bahan referensi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan karakter yang muncul pada siswa dilaksanakan dengan baik. Hasil tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan perencanaan pembelajaran berkarakter dalam bentuk RPP, pelaksanaan pembelajaran berkarakter yang di dalamnya mampu menanamkan 18 butir nilai-nilai pembentuk karakter yang relevan dengan materi dan yang sesuai dengan keadaan pembelajaran, dilakukannya evaluasi sikap siswa dalam bentuk penilaian dengan kriteria tertentu dan dalam bentuk catatan sikap siswa selama pembelajaran, serta munculnya karakter-karater yang telah ditanamkan tersebut pada siswa baik saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan karakter, karakter, sikap siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:19
Last Modified: 10 May 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item