TINGKAT PERBEDAAN PROFESIONALITAS GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH DASAR SWASTA DI GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKU


ANIS SAIDAH RAHMAN , 1401412396 (2016) TINGKAT PERBEDAAN PROFESIONALITAS GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH DASAR SWASTA DI GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412396.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (701kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan regulasi pemerintah yang belum maksimal terkait profesionalitas guru.Penelitian komparasi ini dilakukan melalui 3 tahap, yaitu: 1) pendahuluan meliputi menentukan subjek penelitian; menentukan populasi; uji homogenitas dan normalitas populasi; menentukan sampel; membuat kisi-kisi instrumen; menguji coba instrumen, 2) pelaksanaan meliputi: penyebaran angket; wawancara; dan pengambilan dokumentasi, 3) tahap akhir meliputi: mengolah data penelitian; menganalisis hasil pengambilan data; menyusun hasil penelitian; menyimpulkan hasil penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah profesionalitas guru. Sumber data yaitu guru kelas 65 orang, siswa 325 orang, dan kepala sekolah 6 orang.Alat pengambilan data nontes berupa angket profesionalitas guru untuk guru dan siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sekolah dasar negeri lebih rendah daripada guru sekolah dasar swasta, dengan selisih persentase 3% serta nilai Sig. (2-tailed) hasil uji t sebesar 0,016. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial kedua kelompok guru dari sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta tidak ada perbedaan. Nilai Sig. (2-tailed) hasil uji t kompetensi kepribadian sebesar 0,543. Nilai Sig. (2-tailed) hasil uji tkompetensi sosial sebesar 0,679. Kompetensi profesional guru sekolah dasar negeri lebih tinggi dari pada sekolah dasar swasta dengan selisih persentase 34% serta nilai Sig. (2-tailed) hasil uji t sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan diantara kedua kelompok guru tersebut dengan taraf Sig.(2-tailed) uji t yaitu 0,802 > 0,05 (H0 diterima, tidak ada perbedaan yang signifikan). Simpulan penelitian ini adalah profesionalitas guru sekolah dasar negeri dan swasta di Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Semarang tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Walaupun dalam beberapa kompetensi guru terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Profesionalitas, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:19
Last Modified: 10 May 2019 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28657

Actions (login required)

View Item View Item