KEEFEKTIFAN MEDIA POSTER DAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL THINK-TALKWRITE PADA SISWA SMP KELAS VII


Alfrieda Serilda AS , 2101412039 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA POSTER DAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL THINK-TALKWRITE PADA SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (310kB) | Preview

Abstract

Inovasi pendidikan adalah inovasi dalam pendidikan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan. Inovasi ini dapat berupa ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan (Nawangsari 2010). Pada pembelajaran menulis kreatif puisi, ada empat aspek yang perlu diperhatikan oleh siswa, yaitu bahasa figuratif, diksi atau pilihan kata, imajinasi, dan rima. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media poster bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII? (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media film pendek bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media poster dengan menggunakan media film pendek bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII?. Rumusan masalah harus selaras dengan tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media poster bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media film pendek bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII, (3) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media poster dan media film pendek bagi siswa SMP Negeri 2 Ungaran kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretespostess two experimental group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas VII E sebanyak 35 siswa dan VII H sebanyak 35 siswa. Alasan menggunakan purposive sampling agar mendapatkan sampel yang memiliki karakteristik setara. Kelas VII E sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan media poster, sedangkan kelas VII H sebagai kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan media film pendek. Sebelum diberi perlakuan, dilakukan pretes pada kedua kelas tersebut untuk mengetahui kondisi awal siswa. selanjutnya diberi perlakuan dan diberikan postes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian (1) keefektifan media poster dalam pembelajaran menulis kreaatif puisi memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes. Hal ini berdasarkan skor rerata pretes dan postes yaitu μ1 ≠ μ2 (70,5 ≠ 79,5). Penghitungan uji beda sampel berpasangan juga menunjukkan bahwa nilai sig.= 0,000 < 0,05. Artinya ada perbedaan antara nilai rata-rata pretes dengan nilai rataraata postes; (2) keefektifan media film pendek dalam pembelajara menulis kreatif puisi memiliki perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan hasil postes. Hal ini berdasarkan skor rerata pretes dan postes yaitu μ1 ≠ μ2 (71,7 ≠ 81,5). Penghitungan uji beda sampel berpasangan juga menunjukkan bahwa nilai sig.= 0,000 < 0,05. Artinya ada perbedaan antara nilai rata-rata pretes dan nilai rata-rata postes; (3) pembelajaran menulis kreatif puisi pada kelas VII menggunakan media film pendek lebih efektif dibandingkan menggunakan media poster. pada hasil keterampilan menulis kreatif puisi, nilai rata-rata siswa kelas film pendek > kelas poster, yakni 81,5 > 79,5. Artinya, pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan media film pendek lebih efektif digunakan dibandingkan dengan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan media poster. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan (1) bagi guru bahasa Indonesia, hendaknya lebih inovatif dalam mengembangkan pembelajaran di kelas. Salah satunya dengan menggunakan film pendek sebagai media pembelajaran khususnya pada pembelajaran menulis kreatif puisi; (2) bagi penelitian selanjutnya, penggunaan media-media pembelajaran dapat terus dikembangkan agar lebih banyak variasi media pembelajaran. Manfaat dari penelitian semacam ini adalah pencapaian kompetensi belajar siswa dilaksanakan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media poster, media film pendek, pembelajaran menulis kreatif puisi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 18:06
Last Modified: 21 Dec 2017 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28652

Actions (login required)

View Item View Item