KEEFEKTIFAN METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKWAWANCARA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG


Dini Irmawati , 2101412035 (2016) KEEFEKTIFAN METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAKWAWANCARA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (319kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa dalam kurikulum di sekolah mencakup empat segi, yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara keterampilan membaca, dan keterampilan menulis . Keterampilan menyimak merupakan salah satu ketrampilan bahasa yang sulit untuk dikuasai siswa, oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode yang tepat dalam pembelajaran menyimak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang sebelum metode course review horay diberikan; (2) Mendeskripsikan keefektifan metode course review horay terhadap keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VII G dan kelas VII H. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes, panduan observasi dan study dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil awal keterampilan menyimak siswa diambil dari nilai pretes. Berdasarkan penelitian pada tanggal 16 April 2016 yang dilakukan di kelas kontrol yaitu kelas VII G telah memperoleh data nilai rata-rata kelas 61,42 dari 31 siswa. Pretes pada kelas eksperimen memperoleh data nilai rata-rata kelas 60,97 dari jumlah siswa 31 orang. Tujuan yang kedua yaitu mengetahui keefektifan metode course review horay, pengujian dilakukan dengan menggunkan uji t. Uji t dilakukan dengan menggunakan SPSS 17. Jumlah subjek saat dilakukan postes pada kelas kontrol 31 siswa dan kelas eksperimen 31 siswa. Agar dapat mengetahui perbedaan dari kedua kelas tersebut dilakukan dengan membandingkan hasil rata-rata atau mean. Berdasarkan hasil pengujian SPSS 17 tersebut dapat diketahui bahwa bahwa thitung 2536, df 30, Sig. (2-tailed) 0,017. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Sig. (2tailed) > 0,05, yaitu 0,017 < 0.05, a t a u thitung > ttabel, 2,536 > 2,042 maka simpulannya H0 ditolak dan Hi diterima. Dengan hasil penelitian tersebut dapat terbukti bahwa metode course review horay efektif terhadap keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode course review horay; menyimak wawancara
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 17:44
Last Modified: 21 Dec 2017 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28650

Actions (login required)

View Item View Item