PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KUBUS BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-B SMP NEGERI 1 BAE KUDUS


Khamila Sa’diyah , 2101412032 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KUBUS BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-B SMP NEGERI 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (815kB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan suatu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan berbicara yang dimiliki peserta didik tentunya akan berpengaruh terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dalam semua jenjang pendidikan. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik yaitu keterampilan menceritakan tokoh idola. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik, banyak kendala yang dihadapi peserta didik dalam menceritakan tokoh idola. Hal ini merupakan permasalahan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, pembelajaran menceritakan tokoh idola menggunakan model think pair share dengan media kubus bergambar merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menceritakan tokoh idola menggunakan model think pair share dengan media kubus bergambar pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Bae Kudus, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menceritakan tokoh idola menggunakan model think pair share dengan media kubus bergambar pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Bae Kudus, (3) bagaimanakah perubahan perilaku peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Bae Kudus setelah mengikuti pembelajaran menceritakan tokoh idola menggunakan model think pair share dengan media kubus bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi proses pembelajaran keterampilan menceritakan tokoh idola, mendeskripsi perubahan perilaku peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 1 Bae Kudus setelah mengikuti pembelajaran menceritakan tokoh idola menggunakan model think pair share dengan media kubus bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil dengan instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa penilaian keterampilan bercerita tokoh idola, sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui rata-rata peningkatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat 12,29%. Perubahan perilaku keaktifan peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, persentase sikap keaktifan mencapai 55,88%. Sementara pada siklus II, persentase sikap keaktifan peserta didik meningkat menjadi 85,29%. Disamping itu, sikap percaya diri peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, sikap percaya diri mencapai dengan persentase 64,70%. Sementara pada siklus II persentase sikap percaya diri peserta didik meningkat menjadi 85,29%. Adapun sikap kerjasama pada siklus I mencapai 76,47%. Sementara pada siklus II, persentase sikap kerjasama peserta didik meningkat menjadi 94,11%. Pada siklus I, persentase sikap mandiri peserta didik mencapai 61,76%. Pada siklus II, persentase sikap mandiri peserta didik meningkat menjadi 88,23%. Persentase sikap respon positif peserta didik pada siklus I mencapai 79,41%, sedangkan pada siklus II persentase sikap respon positif peserta didik meningkat menjadi 88,23%. Keterampilan peserta didik juga meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata penilaian keterampilan mencapai 67,32 dengan persentase ketuntasan 32,35%. Sementara pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,61 dengan persentase ketuntasan 79,41%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan antara lain: (1) guru bahasa Indonesia kiranya dapat menggunakan model think pair share dan media kubus bergambar sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola, dan (2) para peneliti dalam bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan memadukan atau mengganti model think pair share dan media kubus bergambar dengan model dan media lainnya, sehingga berdampak positif bagi perkembangan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menceritakan tokoh idola, model think pair share, media kubus bergambar
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 17:40
Last Modified: 21 Dec 2017 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item View Item