KEEFEKTIFAN METODE OMAGGIO DAN METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP


Tri Wahyuni , 2101412030 (2016) KEEFEKTIFAN METODE OMAGGIO DAN METODE THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang dapat ditempuh guru untuk menciptakan situasi pengajaran yang meyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar yang memuaskan. Metode pembelajaran yang tepat dapat mengatasi kesulitan menulis teks berita, kesulitan tersebut dapat diatasi dengan belajar menulis melalui kegiatan menyimak. Metode yang dapat mendukung kegiatan tersebut adalah metode Omaggio dan metode Think Talk Write (TTW). Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan metode Omaggio terhadap keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP? (2) bagaimana keefektifan metode think talk write terhadap keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP? (3) manakah yang lebih efektif antara metode Omaggio dan metode think talk write terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP?. Rumusan masalah harus selaras dengan tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan metode Omaggio terhadap keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan keefektifan metode Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP; (3) menentukan manakah yang lebih efektif antara metode Omaggio dan metode think talk write terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimen). Desain metode eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP Kesatrian 1 Semarang pada tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara data pretest dan data posttest pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan metode Omaggio dan metode Think Talk Write (TTW). Keefektifan metode Think Talk Write (TTW) dibuktikan berdasarkan perubahan hasil rata-rata dari 65,33 menjadi 76,36. Selain itu, uji t metode Think Talk Write (TTW) menghasilkan sig sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) yang berarti berbeda secara signifikan. Pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode Omaggio juga memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan perolehan rata-rata nilai tes awal sebesar 64,08 menjadi 81,44. Hasil uji t metode Omaggio menunjukkan perolehan nilai sig sebesar 0,000 (0,000<0,05) yang berarti berbeda secara signifikan. Pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode Omaggio lebih efektif dibanding pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode Think Talk Write (TTW). Berdasarkan hasil penghitungan uji t, telah diperoleh nilai sig sebasar 0,014. Sig = 0,014 < 0,05 maka

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode Omaggio, metode think talk write, keterampilan menulis teks berita
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 17:35
Last Modified: 21 Dec 2017 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28648

Actions (login required)

View Item View Item