KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO BERITA DAN VIDEO INVESTIGASI MELALUI METODE KEPALA BERNOMOR PADA KETERAMPILAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK


Afrita Arisanti , 2101412026 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO BERITA DAN VIDEO INVESTIGASI MELALUI METODE KEPALA BERNOMOR PADA KETERAMPILAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (558kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Namun tidak semua siswa menguasai keterampilan berpendapat tersebut. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan menentukan ide atau topik untuk dijadikan bahan diskusi. Selain itu, tidak adanya keberanian untuk berbicara menyebabkan siswa enggan meyampaikan gagasannya di depan orang lain. Siswa yang terbiasa pasif berbicara akan merasa malu atau tidak percaya diri dengan gagasan yang mereka miliki. Oleh karena itu perlu adanya media dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menyampaikan pendapat siswa. Dengan media video berita dan video investigasi dalam metode kepala bernomor diharapkan siswa lebih berani mengemukakan pendapatnya saat diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagimanakah keefektifan media video berita dalam metode kepala bernomor terhadap keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwareja Klampok? (2) bagimanakah keefektifan media video investigasi dalam metode kepala bernomor terhadap keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwareja Klampok? (3) bagimanakah perbandingan keefektifan media video berita dan video investigasi dalam metode kepala bernomor terhadap keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwareja Klampok? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan menguji keefektifan media video berita dalam metode kepala bernomor pada keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi, menguji keefektifan media video investigasi dalam metode kepala bernomor terhadap keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi, menguji perbandingan keefektifan media video berita dan video investigasi dalam metode kepala bernomor pada keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP negeri 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode eksperimen desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Skenario yang dijalankan yaitu kelas VIII A menjadi kelas eksperimen A yang diberi perlakuan penerapan media video berita, kelas VIII B menjadi kelas eksperimen B yang diberi perlakuan penerapan media video investigasi. Perlakuan yang diberikan terhadap kedua kelompok yaitu tes awal (pre-test), perlakuan (treatment), dan tes akhir (post-test). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa unjuk kerja menyampaikan pendapat dalam diskusi, dan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi kelas yang menggunakan media video berita melalui metode kepala bernomor lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan media video investigasi. Dilakukan uji perbedaan dua rata-rata antara kelas eksperimen A dan eksperimen B diketahui hasilnya dengan nilai sig sebesar 0,000. Sig= 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak tau menerima Ha, artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen A lebih baik daripada kelas eksperimen B yang berarti media video berita lebih efektif diterapkan pada keterampilan menyampaikan pendapat dalam diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video berita, video investigasi, metode kepala bernomor, menyampaikan pendapat dalam diskusi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 17:24
Last Modified: 21 Dec 2017 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28646

Actions (login required)

View Item View Item