PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA VIDEO KESENIAN LOKAL JAWA TIMUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI 2 SMK PAWIYATAN DAHA 1 KEDIRI


Tinna Rantrika Sari , 2101412015 (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA VIDEO KESENIAN LOKAL JAWA TIMUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI 2 SMK PAWIYATAN DAHA 1 KEDIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (418kB) | Preview

Abstract

Kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi merupakan tujuan dalam proses pembelajaran pengetahuan memahami teks laporan hasil observasi dan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi. Kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi memberi manfaat yang penting bagi peserta didik sebab kegiatan pembelajaran tersebut, peserta didik mampu memahami teks laporan hasil observasi dan terampil dalam memproduksi teks laporan hasil observasi. berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa pada kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik masih rendah. Sesuai dengan keterangan yang diperoleh oleh guru pengampu mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMK Pawyatan Daha 1 Kediri yang menyatakan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi karena peserta didik belum memiliki banyak pengetahuan tentang teks laporan hasil observasi. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide, memilih kata yang tepat dan sesuai untuk memproduksi teks laporan hasil observasi. Sebagian besar teks laporan hasil observasi yang ditulis peserta didik masih belum sesuai dengan struktur teks. Selain itu, minat dalam pembelajaran memproduksi teks peserta didik masih kurang disebabkan karena kurangnya latihan dan motivasi yang diberikan oleh guru. Selain hasil pengamatan dalam kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi yang harus ditingkatkan, peneliti juga mendapati hasil dari pengamatan sikap peserta didik. Sikap peserta didik dalam karakter religius dan sosial masih perlu perbaikan dan peningkatan. Untuk mengatasi rendahnya kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur. Berdasarkan kondisi tersebut muncul permasalahan yang penting dan perlu diteliti, yaitu 1) proses pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur; 2) perubahan sikap religius peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri dalam mengikuti pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur; 3) perubahan sikap sosial peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri dalam mengikuti pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur; 4) peningkatan pengetahuan memahami teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video berbasis masalah; 5) peningkatan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan media video kesenian lokal Jawa Timur sebagai upaya peningkatan kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi dan variabel bebas yaitu pelaksanaan pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,8%. Sikap spiritual peserta didik juga meningkat sebesar 24%. Pada siklus I, persentase ketuntasan sikap spiritual peserta didik mencapai 76%, sementara pada siklus II, persentase ketuntasan sikap spiritual peserta didik meningkat menjadi 100%. Sikap sosial peserta didik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, sikap jujur belum mencapai persentase ketuntasan yaitu 30%, pada siklus II sikap jujur meningkat sebesar 92%. Peningkatan tersebut mencapai 62% dari siklus I ke siklus II. Adapun sikap disiplin pada siklus I, sikap disiplin belum mencapai persentase ketuntasan yaitu 36%, pada siklus II sikap jujur meningkat sebesar 98%. Peningkatan tersebut mencapai 62% dari siklus I ke siklus II. Sementara sikap tanggung jawab pada siklus I, sikap jujur belum mencapai persentase ketuntasan yaitu 34%, pada siklus II sikap jujur meningkat sebesar 94%. Peningkatan tersebut mencapai 60% dari siklus I ke siklus II. Pada aspek proaktif siklus I peserta didik mencapai ketuntasan hanya 27%, namun pada siklus II meningkat 78% menjadi 100%. Pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi dari aspek pengetahuan memahami dan keterampilan memproduksi juga mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur. Pada tes pengetahuan memahami siklus I, nilai rata-rata penilaian aspek pengetahuan hanya mencapai 58,35 dengan kategori cukup (30%). Sementara pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,90 dengan kategori baik (98%). Sementara keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X Akuntansi 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur. Pada siklus I, nilai rata-rata penilaian aspek keterampilan memproduksi teks laporan hasil observasi hanya mencapai 65,27 dengan kategori cukup (30%). Sementara pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,25 dengan kategori (100%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan media video kesenian lokal Jawa Timur terbukti mampu meningkatkan pembelajaran kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi. Peserta didik juga tertarik dan termotivasi dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Selain itu, peserta didik sudah menunjukan perkembangan yang positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan pada guru Bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan media video kesenian lokal Jawa Timur dalam kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi memproduksi teks laporan hasil observasi, model pembelajaran berbasis masalah, media video kesenian lokal Jawa Timur
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 16:47
Last Modified: 21 Dec 2017 16:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28643

Actions (login required)

View Item View Item