PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MEMO MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NONEXAMPLES DENGAN MEDIA MEME PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 BAE KUDUS


Nurul Khomariyah , 2101412008 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MEMO MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NONEXAMPLES DENGAN MEDIA MEME PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (475kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Bae Kudus, diketahui bahwa proses pembelajaran menulis memo pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus kurang kondusif, keterampilan menulis memo pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus masih rendah, dan perilaku peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus dalam pembelajaran menulis memo belum tampak. Proses pembelajaran menulis memo kurang berjalan kondusif dikarenakan peserta didik kurang antusias dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Rendahnya keterampilan menulis memo pada peserta didik disebabkan oleh kurangnya pengetahuan peserta didik dalam menggunakan kalimat efektif, kesantunan bahasa yang digunakan cenderung kurang, penggunaan struktur memo kurang diperhatikan, kurangnya kosakata yang dimiliki peserta didik, serta ketidaksesuaian isi pesan dengan ilustrasi. Peserta didik juga kurang menguasai indikator dari kompetensi yang telah ditetapkan, yaitu kurang mampu menentukan pokok-pokok memo dan kurang mampu menulis memo sesuai konteksnya. Perilaku peserta didik juga belum tampak dikarenakan peserta didik kurang aktif, kurang mandiri dalam mengerjakan tugas, dan kurang percaya diri saat presentasi di depan kelas. Upaya untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis memo tersebut, peneliti memberikan solusi alternatif pemecahan permasalahan tersebut dengan menerapkan model examples nonexamples dengan media meme dalam pembelajaran menulis memo. Berdasarkan kondisi tersebut, muncul permasalahan yang penting untuk diteliti, yaitu 1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis memo menggunakan model examples nonexamples dengan media meme pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus; 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis memo menggunakan model examples nonexamples dengan media meme pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus; 3) bagaimanakah perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menulis memo menggunakan model examples nonexamples dengan media meme pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model examples nonexamples dengan media meme sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis memo peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Bae Kudus. Variabel penelitian ini yaitu variabel terikat keterampilan menulis memo dan variabel bebas penerapan model examples nonexamples dengan media meme. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes berupa observasi, jurnal guru, jurnal peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek keintensifan peserta didik dalam mengidentifikasi contoh memo sebagai proses pemahaman konsep memo pada siklus I sebesar 60,60% menjadi 78,78% pada siklus II. Aspek keaktifan dan keantusiasan peserta didik dalam berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok memo dari gambar meme pada siklus I sebesar 78,78% menjadi 81,81% pada siklus II. Aspek keintensifan peserta didik dalam menulis memo pada siklus I sebesar 78,78% menjadi 90,90% pada siklus II. Aspek kekondusifan peserta didik pada saat proses presentasi di depan kelas pada siklus I sebesar 57,57% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,78%. Aspek keefektifan kegiatan refleksi sehingga peserta didik menyadari kekurangan dan mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan pada siklus I sebesar 57,57% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,81%. Keterampilan peserta didik dalam menulis memo juga meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan menulis memo peserta didik mencapai 66,06. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata nilai 83,30. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,24. Peserta didik juga mengalami perubahan perilaku yang membudaya dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II, peserta didik menjadi lebih aktif, antusias, mandiri, percaya diri, dan dapat bekerjasama dengan baik. Aspek keaktifan mengalami peningkatan sebesar 21,21% dari siklus I 69,69% menjadi 90,90% pada siklus II. Aspek keantusiasan mengalami peningkatan sebesar 9,09% dari siklus I 78,78% menjadi 87,87% pada siklus II. Aspek kerjasama mengalami peningkatan sebesar 42,42% dari siklus I 42,42% menjadi 84,84% pada siklus II. Aspek kemandirian mengalami peningkatan sebesar 18,18% dari siklus I 69,69% menjadi 87,87% pada siklus II. Aspek kepercayaan diri mengalami peningkatan sebesar 21,21% dari siklus I 57,57% menjadi 78,78% pada siklus II. Tanggapan peserta didik dan guru kolaborator juga sangat positif terhadap pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan, yaitu 1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model dan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam pembelajaran menulis memo, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran examples nonexamples dengan media meme karena terbukti meningkatkan keterampilan menulis memo peserta didik, dan 2) para peneliti lain hendaknya menggunakan model dan media lain yang lebih variatif dan lebih menarik sehingga dapat dijadikan alternatif lain untuk pembelajaran keterampilan menulis memo agar pembelajaran lebih menyenangkan dan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik atau meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis memo, model examples nonexamples, media meme
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 14:11
Last Modified: 21 Dec 2017 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28641

Actions (login required)

View Item View Item