KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN ALAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII


Inda Kurnia , 2101412007 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN ALAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (400kB) | Preview

Abstract

Menyusun teks cerita pendek adalah menuangkan satu peristiwa kehidupan yang dialami tokoh dalam bentuk tulis. Teks cerita pendek mengandung nilai dan muatan karakter, salah satunya yaitu muatan cinta lingkungan alam. Teks cerita pendek bermuatan cinta lingkungan alam adalah cerita fiksi yang mengisahkan kehidupan tokoh yang di dalamnya mengandung muatan cinta lingkungan alam dan pesan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Fakta di lapangan menunjukkan model pembelajaran yang digunakan belum mampu menggali postensi peserta didik dalam menciptakan dan mengembangkan ide menjadi sebuah cerita. Oleh karena itu, perlu diberikan solusi berupa penerapan suatu model pembelajaran yang efektif dan mampu membuat peserta didik antusias dan berperan aktif dalam pembelajaran serta membuat lebih mudah dalam mengungkapkan ide-ide ketika menyusun teks cerita pendek. Adapun model pembelajaran yang dipilih yaitu model Problem Based Instruction (PBI) dan model Project Based Learning (PBL). Model Problem Based Instruction (PBI) dan model Project Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mampu berpikir kritis dan kreatif untuk menghubungkan permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari yang selanjutnya dijadikan sebagai alur teks cerita pendek. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Kebumen dan kelas VII E di SMP Negeri 3 Kebumen tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest- Posttest Experiment Group Design. Pada prinsipnya, perlakuan yang dilakukan terhadap dua kelompok yaitu tes awal (prestest), perlakuan (treatment), dan teks akhir (posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menyusun teks cerita pendek bermuatan cinta lingkungan alam dengan model Problem Based Instruction (PBI) dan Project Based Learning (PBL). Hasil pembelajaran menyusun teks cerita pendek bermuatan cinta lingkungan alam menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif dibandingkan dengan hasil pembelajaran menyusun teks cerita pendek bermuatan cinta lingkungan alam menggunakan model Project Based Learning (PBL). Hasil ini berdasarkan uji t yang telah dilakukan pada kedua kelas tersebut. Uji beda dua rata-rata (uji t) antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diketahui hasilnya denan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,101 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI) dan Project Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menyusun teks cerita pendek bermuatan cinta lingkungan alam, model problem based instruction, model project based learning.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:51
Last Modified: 21 Dec 2017 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28633

Actions (login required)

View Item View Item