PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STYLE TERHADAP SPIRIT OF CREATIVITY PADA KARYAWAN BAGIAN DESAIN DI SENTRA INDUSTRI BATIK PLUMPUNGAN SALATIGA


Nana Febriardiani , 1511412013 (2016) PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STYLE TERHADAP SPIRIT OF CREATIVITY PADA KARYAWAN BAGIAN DESAIN DI SENTRA INDUSTRI BATIK PLUMPUNGAN SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (285kB) | Preview

Abstract

Spirit of creativity merupakan salah satu hal yang harus dimiliki karyawan bagian desain untuk karya atau desain baru. Diduga spirit of creativity pada karyawan, salah satunya dipengaruhi oleh transformational leadership style yang dapat memotivasi karyawan agar dapat menciptakan produk-produk baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh transformational leadership style terhadap spirit of creativity pada karyawan bagian desain di Sentra Industri Batik Plumpungan Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan bagian desain di Sentra Industri Batik Plumpungan Salatiga dengan sampel 37 karyawan. Teknik sampling yang dipakai yaitu saturation sampling atau sampel jenuh. Data dalam penelitian ini dihimpun dari skala spirit of creativity dan skala transformational leadership style. Skala spirit of creativity terdiri dari 34 item dengan koefisien daya beda sebesar 0,256 sampai dengan 0,848. Skala transformational leadership style terdiri dari 34 item dengan koefisien daya beda sebesar 0,251 sampai dengan 0,850. Hasil penelitian menunjukkan tingkat spirit of creativity karyawan desain berada pada kategori tinggi dengan indikator yang paling berkotribusi adalah dimilikinya keinginan untuk menghasilkan gagasan atau ide yang bermakna. Tingkat transformational leadership style berada pada kategori tinggi dengan aspek yang paling berkontribusi adalah idealized influence. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,733 dengan p sebesar 0,000. Nilai p < 0,01 membuktikan bahwa terdapat pengaruh transformational leadership style terhadap spirit of creativity pada karyawan bagian desain di Sentra Industri Batik Plumpungan Salatiga. Hasil analisis besarnya pengaruh transformational leadership style terhadap spirit of creativity diperoleh R square sebesar 0,537. Hasil ini menunjukkan bahwa 53,7% spirit of creativity karyawan desain Sentra Industri Batik Plumpungan dipengaruhi oleh transformational leadership style dan sisanya sebesar 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spirit of Creativity, Transformational Leadership Style
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:32
Last Modified: 21 Dec 2017 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item