PENGARUH HUMOR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Retno Dwi Utami , 1511412043 (2016) PENGARUH HUMOR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES MAHASISWA PSIKOLOGI YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (317kB) | Preview

Abstract

Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana disetiap perguruan negeri maupun perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Namun pada kenyataannya dalam proses pembuatan skripsi ada saja masalah yang muncul kepada mahasiswa semester akhir. Masalah tersebut menjadi stressor untuk mahasiswa yang mengakibatkan stres yang dimiliki mahasiswa meningkat. Salah satu cara untuk menurunkan tingkat stres yaitu dengan cara memberikan humor. Humor yang diberikan dalam penelitian ekperimen ini berupa stand up comedy. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang mengerjakan skripsi di Universitas Negeri Semarang dengan teknik sampling purposive untuk menentukan sampel yang memiliki kategori stres sedang-tinggi berjumlah 15 subjek untuk kelompok ekperimen dan 15 subjek untuk kelompok kontrol. Desain ekperimen dua kelompok pretest-posttest control group design. Data diambil menggunakan skala likert dengan 28 item dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,935. Analisis data menggunakan teknik uji parametrik independent samples test dengan bantuan software pengolahan data. Hasil analisis data yang diperoleh gain skor untuk kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena itu, hasil yang kurang dari taraf signifikan 1% (p < 0,01), maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Samples Test, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan tingkat stres antara kelompok yang diberikan humor stand up comedy dengan kelompok yang tidak diberikan humor stand up comedy. Dimana mahasiswa yang mendapatkan humor mengalami penurunan tingkat stres lebih tinggi dibanding pada kelompok yang tidak diberikan humor stand up comedy.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: stres, humor stand up comedy, skripsi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:29
Last Modified: 22 Dec 2017 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item View Item