PERBEDAAN LEARNING STYLE DAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA ETNIS JAWA DAN TIONGHOA


AFAF , 1511411159 (2016) PERBEDAAN LEARNING STYLE DAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA ETNIS JAWA DAN TIONGHOA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411159.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar tidak dapat hanya dicapai oleh salah satu golongan individu saja, melainkan oleh semua individu. Hal tersebut memiliki pengertian bahwa semua individu memiliki kemampuan yang relatif sama untuk mencapai keberhasilan. Stereotype masyarakat mengatakan bahwa mahasiswa Etnis Tionghoa mempunyai hasil belajar lebih unggul dibandingkan mahasiswa Jawa. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kondisi kesehatan, intelegensi, bakat, minat, motivasi, serta cara belajar. Sedangkan faktor eksternal mencakup keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan learning style dan etnis terhadap hasil belajar mahasiswa Jawa dan Tionghoa Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jawa sebanyak 37 orang dan mahasiswa Tionghoa sebanyak 37 orang yang memenuhi kriteria menjadi populasi penelitian. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan angket Learning Style yang terdiri dari 35 aitem, Hasil Belajar diperoleh dari skor Indeks Prestasi Kumulatif tiap responden, dan Etnis diklasifikasikan dari identitas yang responden tuliskan dan yang terpilih sebagai subjek. Angket Learning Style mempunyai koefisien validitas item antara 0,315 sampai dengan 0,656 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,865. Hasil analisis data dengan teknik Two Ways Anava menunjukkan (1) tidak ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari etnis yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,232 > 0,05, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari learning style yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,083 > 0,05.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Style, Hasil Belajar, Etnis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:10
Last Modified: 21 Dec 2017 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28626

Actions (login required)

View Item View Item