PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL LAGU-LAGU BALADA BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL UNTUK PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA SMA KELAS XI


Eunike Rinda Wijayanti , 2101412006 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL LAGU-LAGU BALADA BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL UNTUK PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (370kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memproduksi teks di sekolah bermuara pada keterampilan yang merupakan salah satu kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia untuk bidang studi bahasa. Keterampilan memproduksi tulisan sangat penting diajarkan, karena dapat ikut mencerdaskan kehidupan dan kemajuan seseorang. Akan tetapi, keterampilan tersebut belum mendapat perhatian yang maksimal oleh guru. Siswa kurang tertarik pada pembelajaran konvensional. Kreativitas siswa sangat ditentukan oleh situasi pembelajaran yang menarik. Kurangnya kreativitas guru dalam mengkreasikan pembelajaran dan media atau bahan ajar yang digunakan menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk mengembangkan media yang menarik bagi siswa, dan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan memproduksi. Permasalahan yang dikaji pada (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan media pembelajaran memproduksi teks cerita pendek berupa lagulagu balada bermuatan pendidikan moral pada siswa SMA kelas XI, (2) bagaimanakah karakteristik media pembelajaran memproduksi teks cerita pendek berupa lagu-lagu balada bermuatan pendidikan moral pada siswa SMA kelas XI, (3) bagaimanakah efektivitas media pembelajaran memproduksi teks cerita pendek berupa lagu-lagu balada bermuatan pendidikan moral pada siswa SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti meliputi enam tahapan, yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan desain, (6) uji coba produk. Sumber data penelitian ini yaitu 144 siswa di tiga sekolah jenjang SMA di Kabupaten Pati. Adapun sekolah tersebut adalah SMA Negeri 1 Tayu, SMA Negeri 2 Pati, dan SMA Negeri 3 Pati. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, angket, dan lembar validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran memproduksi teks cerita pendek berupa lagu balada bermuatan pendidikan moral memiliki prinsip pengembangan yaitu (1) prinsip menarik, (2) prinsip pengalaman, (3) prinsip keterpaduan, (4) prinsip kemudahan, dan (5) prinsip kebermaknaan. Adapun karakteristik media ini meliputi (1) sistemik, (2) inovatif, (3) menarik, (4) mudah digunakan, dan (5) praktis. Terdapat beberapa hal yang menjadi kelebihan media ini. Selain berupa media audiovisual yang menarik, media lagu balada ini adalah sebuah inovasi baru pada bentuk media. Lagu-lagu balada yang baru dan dikemas dalam aliran musik yang disenangi kaum remaja dapat menciptakan rasa ketertarikan akan media ini. media ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan imajinasi lewat syair lagu dan suasana yang dihasilkan oleh musik tersebut. Syair lagu mengisahkan sesuatu atau berisi cerita yang akan memancing kreatifitas siswa dalam memproduksi cerita pendek. Muatan berupa pendidikan moral dapat diterapkan oleh siswa dalam membentuk perilaku. Selain memiliki kelebihan, media pembelajaran ini memiliki kekurangan yaitu media berbentuk audiovisual yang dapat digunakan melalui alat/sarana berupa seperangkat alat untuk memainkan media, sound untuk pengeras suara pada lagu, dan LCD Proyektor untuk penayangan video klip. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) hendaknya guru mengembangkan media serupa lagu-lagu balada sebagai penunjang pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif dan inovatif, (2) hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperbaiki media pembelajaran memproduksi cerita pendek berupa lagu-lagu balada bermuatan pendidikan moral, dan (3) hendaknya dilakukan penelitian eksperimen berkaitan dengan media lagu-lagu balada, agar dapat dikaji mengenai keefektifan media ini dengan media lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lagu-lagu balada, media pembelajaran, memproduksi teks cerita pendek.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:30
Last Modified: 21 Dec 2017 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item