Hubungan Antara Teacher Efficacy dengan Komitmen Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah


Oki Candra Mentari , 1511411158 (2015) Hubungan Antara Teacher Efficacy dengan Komitmen Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411158.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (471kB) | Preview

Abstract

Dasar Negeri Sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, guru diharapkan mampu memiliki teacher efficacy yang tinggi, sehingga memiliki keinginan untuk berkomitmen terhadap organisasi, tugas mengajar dan pembelajaran siswa. Dalam hal ini guru sekolah dasar negeri yang mengajar di SD Negeri Kecamatan Semarang Tengah dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi pendidikan terkait atau pemerintah.Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara teacher efficacy dengan komitmen guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah. Penelitian ini menggunakan total sampling, dimana keseluruhan jumlah populasi menjadi responden penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah 89 orang guru yang berada di 10 SD Negeri di Kecamatan Semarang Tengah. Uji validitas dan reliabilitas untuk teacher efficacy diketahui memiliki validitas korelasi total aitem antara 0,243 sampai dengan 0,769 dengan reliabilitas sebesar 0,944. Untuk komitmen guru diketahui memiliki validitas korelasi total aitem antara 0,318 sampai dengan 0,781 dengan reliabilitas sebesar 0,945. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi pearson (2-tailed) dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,01) diketahui nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,912 untuk hubungan antara teacher efficacy dengan komitmen guru Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Tengah. Nilai koefisien korelasi sebasar r = 0,812 untuk hubungan antara teacher efficacy dengan komitmen guru terhadap organisasi. Nilai koefisien korelasi sebasar r = 0,882 untuk hubungan antara teacher efficacy dengan komitmen guru terhadap tugas mengajar. Nilai koefisien korelasi sebasar r = 0,854 untuk hubungan antara teacher efficacy dengan komitmen guru terhadap pembelajaran siswa. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara teacher efficacy dengan komitmen guru Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Tengah, dimana semakin tinggi teacher efficacy maka semakin tinggi komitmen guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teacher Efficacy, Komitmen Guru, Guru Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:07
Last Modified: 21 Dec 2017 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item