HUBUNGAN ANTARA SENSE OF BELONGING PADA SEKOLAH DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA PEMBELAJARAN (STUDI KASUS KELAS VIII)


Farid Priyambodo , 1511411144 (2016) HUBUNGAN ANTARA SENSE OF BELONGING PADA SEKOLAH DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA PEMBELAJARAN (STUDI KASUS KELAS VIII). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411144.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (259kB) | Preview

Abstract

Student engagement dalam kegiatan belajar sangat diperlukan agar tujuan belajar tercapai. Student engagement dalam pembelajaran melibatkan tiga dimensi yang saling berkaitan yaitu behavioral engagement, emotional engagement dan cognitive engagement. Siswa dengan engagement yang tinggi akan mampu meraih prestasi akademik yang baik, namun sebaliknya siswa dengan engagement rendah akan mendapatkan prestasi yang rendah pula, bahkan bisa menyebabkan siswa putus sekolah. Salah satu factor yang diduga erat berkaitan dengan student engagement adalah sense of belonging. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of belonging pada sekolah dengan student engagement pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Bonang. Jumlah sampel sebanyak populasi penelitian yaitu 213 siswa. Namun karena untuk uji coba alat ukur maka diambil subjek 30 siswa sehingga jumlah subjek menjadi 183 siswa. Teknik sampling yang dipakai yaitu sampling jenuh. Pengambilan data menggunakan skala student engagement dengan 17 item dan skala sense of belonging dengan 28 item. Pada skala student engagement mempunyai koefisien validitas sebesar 0,372 sampai 0,624 dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,806. Sedangkan pada skala sense of belonging mempunyai koefisien validitas berkisar antara 0,387 sampai 0,726 dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,903. Hasil penelitian menunjukkan bahwa student engagement siswa kelas VIII SMP N 1 Bonang berada pada kategori sedang dengan persentase 79%. Adapun sense of belonging siswa kelas VIII SMP N 1 Bonang berada pada kategori sedang dengan persentase 75,40%. Metode analisis menggunakan product moment dengan hasil koefisiensi korelasi (rxy) = 0,563 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa “ada hubungan positif antara sense of belonging pada sekolah dengan student engagement pada pembelajaran “. Semakin tinggi sense of belonging maka semakin tinggi pula student engagement, begitu pula sebaliknya semakin rendah sense of belonging maka semakin rendah pula student engagement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sense of Belonging,Student Engagement, Siswa SMP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:00
Last Modified: 21 Dec 2017 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item