KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL SINEKTIKS DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDEN DAN FIELD INDEPENDENT


Titis Antika Sari , 2101412003 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL SINEKTIKS DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDEN DAN FIELD INDEPENDENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (464kB) | Preview

Abstract

Memproduksi teks anekdot adalah suatu kegiatan menghasilkan tulisan bergenre teks sastra yang berisi amanat tertentu. Teks tersebut disampaikan melalui tulisan humor yang berfungsi untuk menyampaikan kritik dan saran terhadap pembaca. Pembelajaran memproduksi teks anekdot, siswa kelas X membutuhkan gaya berpikir tingkat tinggi untuk keterampilan memproduksi teks anekdot. Padahal gaya berpikir siswa dapat dibedakan menjadi dua yaitu field dependent danfield independent. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian keefektifan pembelajaran yang menggunakan model sinektiks dan problem based instruction dalam keterampilan memproduksi teks anekdot pada gaya kognitif siswa field dependent danfield independent untuk mengoptimalkan proses dan hasil pembelajaran memproduksi teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran memproduksi teks anekdot dengan model sinektiks dan model problembased instruction pada siswa bergaya kognitif field dependent danfield independent; menentukan perbedaan keefektifan pembelajaran memproduksi teks anekdot dengan model sinektiks dan model problem based instruction pada siswa yang bergaya kognitif field dependent danfield independent. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA di SMA Negeri 3 Semarang dan MAN Purwodadi tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian analisis jalur. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupaGroup Embedded Figeres Test (GEFT), dan memproduksi teks anekdot. Instrumen nontes berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran sinektiks lebih cocok diterapkan pada siswa bergaya kognitif field independent dan model pembelajaran problem based instruction lebih cocok diterapkan pada siswa bergaya kognitif field dependent. Kemudian terdapat perbedaan keefektifan diantara keduanya, kedua model yang diterapkan pada siswa bergaya field dependent danfield independent dikatakan tidak saling berinteraksi hal tersebut dapat dijabarkan dari proses dan hasil perhitungan bahwa F hitung =11,040 sedangkan F tabel= 4,052, sehingga F hitung >F tbael. Kedua model pada gaya kognitif siswa tersebut memiliki kedudukan yang sama bahwa setiap model berpengaruh pada gaya kognitif siswa yang berbeda dan tidak saling memengaruhi. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan (1) sekolah hendaknya memberikan Group Embedded Figures Test (GEFT) pada setiap siswa tahun ajaran baru untuk mengetahui gaya kognitif siswa sehingga membentuk kelas yang homogen sehingga proses dan hasil pembelajaran dapat lebih optimal; (2) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model pembelajaran sinektiks pada siswa bergaya kognitif field independent dan model pembelajaran problem based instruction pada siswa bergaya kognitif field dependent pada pembelajaran memproduksi teks anekdot; (3) hendaknya guru berwawasan luas agar dapat memberikan contoh nyata peristiwa yang dapat dipahami siswa ketika menerapkan model sinektiks dan model problem based instruction serta memanfaatkan media yang tersedia dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot agar hasil pembelajaran lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: memproduksi teks anekdot, model pembelajaran sinektiks, model problem based instruction,gaya kognitiffield dependent danfield independent
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 13:03
Last Modified: 21 Dec 2017 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28621

Actions (login required)

View Item View Item