PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENYUSUN SECARA TERTULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Mohammad Ilyasa , 2101411154 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENYUSUN SECARA TERTULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (508kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ketersediaan buku dan materi tentang keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis di tiga sekolah yang berada di Kota Semarang, perpustakaan, dan toko buku masih terbatas dalam buku teks pelajaran dan buku referensi berbahasa Inggris. Selain itu, buku teks pelajaran dan referensi yang memuat materi menyusun teks eksplanasi yang terdapat di sekolah, toko buku, maupun perpustakaan cakupan materinya masih kurang lengkap. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan buku pengayaan keterampilan menyusun teks eksplanasi. Buku pengayaan keterampilan menyusun teks eksplanasi dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk memperkaya wawasan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan keterampilan menyusun secara tertulis teks eksplanasi bermuatan pendidikan multikultural untuk peserta didik SMP, 2) bagaimanakah pengembangan buku pengayaan keterampilan menyusun secara tertulis teks eksplanasi bermuatan pendidikan multikultural untuk peserta didik SMP, 3) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan keterampilan menyusun secara tertulis teks eksplanasi bermuatan pendidikan multikultural untuk peserta didik SMP, dan 4) bagaimanakah penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan keterampilan menyusun secara tertulis teks eksplanasi bermuatan pendidikan multikultural untuk peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu 1) survei pendahuluan; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk mendapatkan data kebutuhan pengembangan buku pengayaan dan penilaian prototipe buku pengayaan. Adapun sumber data terdiri atas guru dan peserta didik, dan dosen ahli. Guru dan peserta didik yang dijadikan sebagai sumber data berasal dari tiga sekolah di Kota Semarang yaitu SMP 5 Semarang, SMP 9 Semarang, dan SMP Islam Raudlatus Saidiyyah Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap buku pengayaan keterampilan menyusun secara tertulis teks eksplanasi bermuatan pendidikan multikultural menghasilkan karakteristik buku pengayaan dan harapan terhadap buku pengayaan menurut peserta didik dan guru. Peserta didik dan guru menghendaki buku pengayaan dengan penyajian materi yang menarik, bahasa yang mudah dipahami, desain grafika yang sesuai dengan perkembangan kejiwaan peserta didik SMP, dan terdapat muatan pendidikan multikultural. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Aspek materi dikembangkan berdasarkan prinsip relevansi, adaptif, dan rasional. Aspek penyajian materi dikembangkan berdasarkan prinsip atraktif, sistematis, dan inovatif. Aspek bahasa dan keterbacaan dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif, komunikatif, dan kebakuan. Aspek grafika dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif, estetis, dan konsistensi. Ketiga, proses pengembangan prototipe buku pengayaan. Prototipe buku pengayaan yang dikembangkan terdiri atas 1) bagian pendahuluan meliputi prakata, petunjuk penggunaan buku, dan daftar isi; 2) isi buku yang terdiri atas lima bab yaitu hakikat teks eksplanasi, pendidikan multikultural, prapenyusunan teks eksplanasi, penyusunan teks eksplanasi, dan pascapenyusunan teks eksplanasi; 3) bagian penutup meliputi daftar pustaka, glosarium, dan penutup. Keempat, hasil penilaian terhadap prototipe buku pengayaan yang dilakukan oleh ahli. Aspek materi buku pengayaan memperoleh nilai rata-rata 81,25. Aspek penyajian materi buku pengayaan memperoleh nilai rata-rata 87,5. Aspek bahasa dan keterbacaan mendapatkan nilai rata-rata 75. Aspek grafika memperoleh nilai rata-rata 86,45. Kelima, Saran perbaikan ahli. Ahli menyarankan untuk melakukan perbaikan enam aspek: 1) ilustrasi sampul buku, (2) ilustrasi halaman judul bab, (3) penyajian materi, (4) tata bahasa dan tata penulisan (5) cara penyajian materi, dan (6) muatan pendidikan multikultural. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini: 1) buku pengayaan hendaknya bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran menyusun teks eksplanasi, 2) buku pengayaan hendaknya dipelajari secara urut supaya pengetahuan yang didapat lebih menyeluruh, dan 3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, teks eksplanasi, dan pendidikan multikultural
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 11:56
Last Modified: 21 Dec 2017 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28611

Actions (login required)

View Item View Item