HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


SABRINA PRAKASIWI , 1401412395 (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV GUGUS SUPRIYADI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412395.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (351kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan cara terbaik agar proses pembelajaran berjalan baik dan siswa dapat berkembang sesuai potensi yang dimilikinya. Kualitas kompetensi pedagogik guru dibuktikan dengan prestasi belajar siswa. Untuk dapat terlaksana dan suksesnya suatu kegiatan pembelajaran, harus ada dorongan atau motivasi untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Namun pada kenyataannya, berdasarkan wawancara awal terhadap beberapa sekolah di Gugus Supriyadi kecamatan Boja kabupaten Kendal, ditemukan beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Permasalahan tersebut ditunjukkan dengan beberapa hal, diantaranya: (1) hasil UKA dan UKG guru SD rendah, (2) sebagian besar tidak mengetahui empat kompetensi yang harus dimiliki guru, (3) hasil belajar PKn siswa di bawah KKM, (4) guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, (5) beban kerja guru yang tinggi, (6) siswa tergolong pendiam (pasif) dalam pembelajaran, dan (7) adanya guru yang hanya menggunakan RPP yang telah ada dan tidak mengembangkannya.Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan kajian secara ilmiah tentang hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PKn kelas IV gugus Supriyadi kecamatan Boja kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu 30 guru dan 250 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi kompetensi pedagogik sebagai variabel bebas, dan motivasi belajar dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Perhitungan uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan kuat antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar dengan koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,705, ada hubungan kuat antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,735, ada hubungan kuat antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,649. Simpulan dalam penelitian ini, yaitu ada hubungan kuat antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas IV gugus Supriyadi kecamatan Boja kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kompetensi pedagogik, motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:19
Last Modified: 10 May 2019 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item