PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Regina Dewi Puspita , 1301411053 (2016) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama terhadap perilaku prososial siswa. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui perilaku prososial sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik psikodrama, (2) mengetahui perilaku prososial siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama, (3) mengetahui perbedaan perilaku prososial sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 Warureja dengan total 203 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling (sampel bertujuan), sehingga sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala prososial yang telah diujicobakan dengan menggunakan validitas construct dengan rumus product moment, dan reliabelitas instrument dengan rumus Alpha. Sedangkan teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon matched pairs. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku prososial mengalami perbedaan yakni peningkatan, peningkatan perilaku prososial dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) perilaku prososial sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama termasuk dalam ketegori rendah dengan perilaku prososial tidak dilahirkan secara sukarela seperti saat keadaan emosional baik, ada orang lain yang melihat saat berbuat prososial, kurangnya keterlibatan dalam bekerjasama. (2) perilaku prososial sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama dengan interaksi yang tejalin pada saat psikodrama dapat menampilkan perasaan siswa sehingga dapat meningkatkan prososialnya yakni berupa kerjasama yang baik dan interaksi sosial yang baik. (3) perilaku prososial sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama mengalami peningkatan dengan ditunjukan kerjasama yang dilakukan siswa dalam memerankan psikodrama. Dengan demikian, layanan penguasaan konten dengan teknik psikodrama dapat berpengaruh secara positif terhadap perilaku prososial siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat menggunakan layanan penguasaan konten dengan optimal terutama untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Psikodrama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:17
Last Modified: 20 Dec 2017 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28609

Actions (login required)

View Item View Item