HUBUNGAN SIKAP ALTRUISME KONSELOR SEKOLAH DENGAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016


Amalia Iman Wijayanti , 1301411042 (2016) HUBUNGAN SIKAP ALTRUISME KONSELOR SEKOLAH DENGAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara pada siswa dan konselor sekolah di salah satu SMP Negeri di Kecamataan Bobotsari terkait dengan minat siswa dalam mengikuti konseling individu dipengaruhi oleh sikap altruisme konselor. Sikap altruisme adalah perilaku menolong dengan tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan pamrih dan tanpa paksaan dari pihak luar. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar hubungan sikap altruisme konselor sekolah dengan minat siswa dalam mengikuti konseling individu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara sikap altruisme konselor sekolah dengan minat siswa dalam mengikuti konseling individu di SMP Negeri Se- Kecamatan Bobotsari tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-Kecamatan Bobotsari. Teknik sampel diambil dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data adalah skala psikologis sikap dan minat. Uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap altruisme konselor sekolah di SMP Negeri Se-Kecamatan Bobotsari dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 73, 60 % dan minat siswa dalam mengkuti konseling individu dalam kategori 71,79 % serta ada hubungan yang signifikan dengan nilai “r” 0,632 antara sikap altruisme konselor sekolah dengan minat siswa dalam mengikuti konseling individu di SMP Negeri Se-Kecamatan Bobotsari Tahun Ajaran 2015/2016. Simpulan penelitian ini adalah sikap altruisme konselor sekolah dalam kategori tinggi, minat siswa dalam mengikuti konseling individual dalam kategori tinggi, dan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap altuisme konselor sekolah dengan minat siswa dalam mengikuti konseling individual. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah konselor sekolah dapat menjaga sikap altruisme konselor sekolah dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sikap altruisme, minat, layanan konseling individu.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:17
Last Modified: 20 Dec 2017 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item