KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM ANAK DI YAYASAN SETARA SEMARANG TAHUN 2015


Kamaludin Reza Sauqi , 1301411037 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM ANAK DI YAYASAN SETARA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di Yayasan Setara, Semarang tepatya di SD PL Servatius Gunung Brintik yang menunjukkan bahwa siswa memiliki self esteem yang belum cukup baik. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan media film diharapkan dapat meningkatkan self esteem anak di Yayasan Setara. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan media film dalam meningkatkan self esteem anak di Yayasan Setara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen design dengan jenis one group pre test and post test design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD PL Servatius. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis dan alat pengumpul data menggunakan skala likert dengan jumlah 42 butir pernyataan yang telah diuji cobakan sebelumnya. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Penelitian telah dilakukan untuk mengetahui self esteem sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media film menunjukkan bahwa self esteem anak dalam kriteria sedang (67,91%). Self esteem anak setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media film termasuk dalam kriteria tinggi (80,43%). Self esteem setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media film mengalami peningkatan sebesar 12,52%. Peningkatan pada 5 indikator self esteem sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan media film berada dalam kriteria sedang (66,94%) setelah dilakukan bimbingan kelompok, self esteem berada pada kriteria tinggi (80,14%) terjadi peningkatan sebesar 13,2%. Dari hasil uji wilcoxon diperoleh thitung = 55 dan ttabel = 8, maka thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa self esteem anak selama diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media film mengalami peningkatan dari setiap pertemuan. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah peneliti selanjutnya dapat menggunakan instrumen yang disesuaikan dengan usia anak serta menggunakan instrumen yang lebih beragam untuk mendapatkan hasil lebih mendalam tentang self esteem anak. Kemudian, menyiapkan metode penyampaian yang variatif dan menyenangkan untuk memberikan treatment.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok dengan media film, self esteem
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:17
Last Modified: 20 Dec 2017 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item