PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP SELF EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 AMBAL


Desy Nawangsari Wijayanti , 1301411027 (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP SELF EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 AMBAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri 2 Ambal bahwa siswa yang memilih sekolah lanjutan dipengaruhi oleh ajakan teman, anggapan jurusan IPA lebih baik dari jurusan IPS, tidak yakin dengan perencanaan sekolah lanjutan yang mereka pilih. Kurangnya informasi menjadikan siswa bingung dalam pengambilan keputusan studi lanjut. Melalui layanan informasi teknik modeling simbolik diharapkan dapat memberikan informasi tentang sekolah lanjutan yang akan berpengaruh pada self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi teknik modeling simbolik terhadap self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ambal. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas IX E menjadi sampel penelitian dengan jumlah responden 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument skala self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut sebanyak 98 item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji T-Test. Hasil penelitian yang diperoleh, self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut siswa sebelum diberikan layanan informasi teknik modeling simbolik sebesar 44,94% sedang kan setelah diberikan treatment menjadi 82,36%. Berdasarkan hasil uji T-Test menunjukan bahwa nilai thitung untuk self efficacy dalam pengambilan keputusan studi lanjut adalah 33,855 dengan probabilitas (Sig.) 0,000. Karena probabilitas (Sig.) 0,000< 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh secara efektif dan signifikan layanan informasi teknik modeling simbolik terhadap self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut. Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi teknik modeling simbolik dapat mempengaruhi self efficacy pengambilan keputusan studi lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, pengambilan keputusan, layanan Informasi, teknik modeling simbolik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:17
Last Modified: 20 Dec 2017 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28605

Actions (login required)

View Item View Item