PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SEKABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2014/2015


Tri Widyowati , 1301411023 (2016) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SEKABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengambilan data awal yang dilakukan oleh peneliti disertai data hasil wawancara kepada kepala sekolah dan guru BK yang menunjukkan bahwa 75% kepala sekolah belum memahami makna supervisi bimbingan dan konseling. Sebagai kepala sekolah sudah seharusnya memahami apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab guru di sekolah, salah satunya adalah guru bimbingan dan konseling. Berangkat dari hal itulah peneliti ingin menggali lebih dalam lagi mengenai peran kepala sekolah sebagai supervisor bimbingan dan konseling. Apakah supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah akan berpengaruh positif terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru BK. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen dengan lokasi penelitian adalah SMA Negeri se-Kabupaten Pati. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kabupaten Pati yang berjumlah 42 orang, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS Windows Versi 16. Secara deskriptif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru BK termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 72,8%. Sedangkan dalam hasil dari analisis regresi linier sederhana diketahui : terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru BK sebesar 55%. Saran untuk kepala sekolah yaitu perlu memperdalam dan memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab guru BK yang sebenarnya, karena guru bimbingan dan konseling bukan sekedar polisi sekolah namum aset besar dalam pengembangan potensi peserta didik di sekolah. Kemudian untuk guru bimbingan dan konseling di sekolah bisa meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: supervisi kepala sekolah, kinerja guru bimbingan dan konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:16
Last Modified: 20 Dec 2017 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

View Item View Item