PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MODELING SIMBOLIK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SECANG


Ika Andini , 1301411016 (2016) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MODELING SIMBOLIK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SECANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII SMP N 1 Secang yang menunujukkan penerimaan diri siswa yang sedang. Rumusan masalah yaitu Apakah layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dengan media video berpengaruh terhadap penerimaan diri (self acceptance) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan bimbingan penguasaan konten teknik modeling simbolik dengan media video terhadap penerimaan diri siswa Manfaat Peneltian ini dapat menambah sumbangan positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dunia konseling . Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen one group pretestposttest design. populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII, dan sebagai sampelnya adalah kelas VIIIC. Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala penerimaan diri. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif prosentase dan Uji t (t-test) Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dengan media video terhada penerimaan diri siswa tingkat penerimaan diri dalam aspek mengenali keadaan dirinya, memiliki rasa tanggung jawab atas dirinya, memiliki kemampuan dalam mengendalikan emosi mereka, merasa berhak memiliki keinginan dan harapan realistik, memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi sebelum diberikan perlakuan berada pada kriteria sedang (64,96 %), dan sesudah diberikan perlakuan masuk dalam kategori tinggi (79,24 %). Hasil uji t, menunjukkan nilai t hitung = 17,442 dan t tabel= 0,683 . Dengan demikian nilai t hitung > t tabel. Simpulan dari penelitian ini adalah layanan penguasaan teknik modeling simbolik dengan media video berpengaruh terhadap penerimaan diri siswa. Sebelum perlakuan menunjukkan kategori sedang (64,96%) dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan kategori Tinggi (79,24%). Ada Perbedaan sebelum dan setelah diberikan perlakuan, dengan prosentase perbedaan sebesar 14,28%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan diri; Layanan Penguasaan konten; teknik modeling simbolik; media video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:16
Last Modified: 20 Dec 2017 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item