HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN GURU BK DALAM MELAKSANAKAN NEEDS ASESSMENT DENGAN KEBERHASILAN MENYUSUN PROGRAM BK POLA 17 PLUS di SMPN Se-KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Setiawati , 1301411014 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN GURU BK DALAM MELAKSANAKAN NEEDS ASESSMENT DENGAN KEBERHASILAN MENYUSUN PROGRAM BK POLA 17 PLUS di SMPN Se-KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena dilapangan, penelitian pendahuluan, berita dalam media masa disertai dengan pengalaman penulis sewaktu Praktik Pengalaman Lapangan serta data hasil wawancara yang memberikan informasi bahwa menurut informan asesmen itu jika dilakukan setiap tahun sekali maka akan selalu menghasilkan data yang sama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan guru BK dalam melaksanakan needs assessment dan keberhasilan menyusun program yang dilakukan oleh guru BK di SMP N se- Kota Magelang, serta mengetahui hubungan antara kemampuan guru BK dalam melaksanakan needs assessment dengan keberhasilan menyusun program BK. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskkriptif dengan desain penelitian korelasional. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri Se-Kota Magelang. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kemampuan guru BK dalam melaksanakan needs assessment sedangkan variabel terikat (Y) keberhasilan menyusun program BK. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi Product Moment dan untuk menguji tingkat reliabilitas digunakan rumus Alfa Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,910 untuk variabel kemampuan melaksanakan needs assessment dan untuk variabel keberhasilan menyusun program BK 0,954. Populasi dalam penelitian ini adalah guru BK di SMP Negeri Se-Kota Magelang yang menyusun program BK menggunakan pola 17 plus. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji normalitas data dengan rumus chi_quadrat dan analisis korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kemampuan guru BK dalam melaksanakan needs assesment di SMP Negeri se-Kota Magelang secara keseluruhan tergolong baik yaitu dengan persentase 74,64 %. Akan tetapi jika dilihat dari perolehan skor tiap guru masih terdapat satu guru BK yang memiliki kemampuan needs assessment dalam kategori tidak baik. Keberhasilan menyusun program BK yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri se-Kota Magelang yang menggunakan pola 17 plus secara keseluruhan tergolong baik yaitu dengan persentase 76,15%. Hubungan antara variabel kemampuan needs assessment guru BK dengan keberhasilan menyusun program BK pola 17 plus menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antar variabel yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,668 yaitu dapat dikategorikan dalam hubungan yang kuat. Jadi semakin baik kemampuan guru BK dalam melaksanakan needs assessment maka semakin baik juga keberhasilan guru BK dalam menyusun program.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan needs asessment, Keberhasilan penyusunan program BK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:16
Last Modified: 20 Dec 2017 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item View Item