IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 08 DAN SMA NEGERI 12 KOTA SEMARANG TAHUN 2014/2015


Dyah Ayu Sri Wahyuni , 1301411011 (2016) IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 08 DAN SMA NEGERI 12 KOTA SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena di lapangan bahwa implementasi pelayanan BK di sekolah dalam pelaksanaanya kurang maksimal. Adanya program tahunan sebagai acuan pelaksanaan layanan dalam satu tahun di sekolah tidak semua pelayanan dapat diberikan. Kurangnya alokasi jam layanan guru BK di sekolah, fasilitas yang kurang memadai, pemberian layanan yang tidak sesuai dengan prosedur menjadi masalah dalam implementasi pelayanan BK di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelayanan BK di Kota Semarang apakah semua layanan dapat dilaksanakan oleh guru BK dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini membahas tentang implementasi pelayanan BK yang meliputi pelayanan langsung dan pelayanan tidak langsung. Responden penelitian adalah konselor sekolah dan personel sekolah sebagai sumber data pendukung teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Anaisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tugas guru BK dalam melaksanakan layanan klasikal,individu dan kelompok masih kurang maksimal terhambat oleh alokasi waktu, prosedur pelaksanaan layanan serta saranan dan prasarana, pelaksanaan layanan berdasarkan rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPLBK) yang dibuat guru BK namun struktur dalam RPLBK tidak banyak yang diubah dan tiap tahun hampirsama, pengarahan siswa melalui berbagai macam bentuk media seperti papan bimbingan, kotak sharing, brosur dan pamflet dalam mendorong karir, dan pengembangan pribadi atau sosial namun dalam pelaksanaanya guru BK masih kurang memperhatiakan media seperti papan bimbingan yang jarang diperbaharui dan kotak sharing yang kurang sesuai dalam pelaksanaanya. Masih kurangnya Kerjasama yang dilakukan guru BK dengan para stake holder sekolah karena kurang memahami tugas dari bimbingan konseling itu sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pelayanan BK di sekolah masih kurang maksimal, dalam melaksanakan layanan BK karena tidak semua siswa mendapat alokasi jam pelayanan BK sesuai kebijakan kurikulum KTSP. Saran peneliti yaitu bagi guru BK sebaiknya terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa, guru lebih kreativ dengan cara untuk lebih kreativ dengan cara menerapkan berbagai strategi pemberian layanan dalam layanan klasikal dan dapat memanfaatkan waktu pelaksanaan sebaik mungkin. Bagi pihak sekolah memfasilitasi dan melengkapi sarana dan prasarana untuk meningkatkan kegiatan pelayanan di sekolah sehingga siswa mendapatkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: impelementasi pelayanan bimbingan dan konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 20:16
Last Modified: 20 Dec 2017 20:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item