KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL


Imroatis Solikhah, 1401412394 (2016) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI KELAS IV SD NEGERI KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412394.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (339kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga akan mengakibatkan siswa jenuh. Multimedia pembelajaran sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi. Hal ini dikarenakan pada materi tersebut memerlukan unsur gambar, teks, dan video untuk memperjelas pemahaman siswa. Selain itu, multimedia pembelajaran juga dapat menarik perhatian siswa melalui tampilan yang berupa gambar, teks, dan video. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran dibandingkan media gambar pada Mata Pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variael, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal yang berjumlah 59 siswa yaitu 29 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes.Analisis statistik yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas (uji Lilliefors), uji homogenitas (ANOVA), uji hipotesis (independent sample t-test), dan uji keefektifan (one sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara KBM yang menerapkan multimedia pembelajaran dengan yang menerapkan media gambar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan uji independent sample t test diperoleh nilai aktivitas belajar thitung > ttabel (14.402> 2,002) dan nilai hasil belajar thitung > ttabel (2.370> 2,086). Sementara itu uji keefektifan menggunakan one sample t-test menunjukkan nilai aktivitas belajar siswa t hitung > ttabel (18.229> 2,086) dan nilai hasil belajar siswa thitung > ttabel (4.039> 2,048). Jadi, dapat disimpulkan penerapan multimedia pembelajaran efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan multimedia dalam proses pembelajaran seharihari, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa akan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar; multimedia pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:18
Last Modified: 10 May 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item