PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN PERAN UNTUK SISWA SMP


Lenny Sisiliya Rahmawati , 2101411151 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN PERAN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (219kB) | Preview

Abstract

Bermain peran merupakan pembelajaran yang belum dicapai secara optimal oleh siswa SMP. Sumber belajar yang terbatas merupakan salah satu penyebabnya. Buku panduan bermain peran yang beredar di lapangan cenderung mengulas mengenai drama, bukan bermain peran. Sementara, bermain drama dengan bermain peran memiliki perbedaan pengertian. Pengembangan buku panduan bermain peran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru perlu dilakukan untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang optimal. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) terbatasnya sumber materi pembelajaran meringkas teks cerpen; (2) sumber belajar yang ada belum memenuhi kebutuhan materi dalam bermain peran; (3) belum ada buku khusus yang membahas tentang bermain peran beserta langkah-langkah bermain peran. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku panduan bermain peran, (2) mengetahui prototipe buku panduan bermain peran untuk siswa SMP, (3) mengetahui penilaian guru dan ahli atas buku panduan bermain peran untuk siswa SMP, (4) menghasilkan perbaikan prototipe buku panduan bermain peran untuk siswa SMP berdasarkan saran dari guru, dosen ahli, dan konsep peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang diakukan dengan lima tahap, (1) memunculkan ide/gagasan dan studi pendahuluan, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk, (5) revisi produk (prototipe). Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa dan guru SMP. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan buku panduan bermain peran untuk siswa SMP. analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah melaksanakan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) simpulan tentang kebutuhan buku panduan bermain peran adalah sebagai berikut: a) ditinjau dari segi fisik, siswa dan guru membutuhkan buku yang memiliki desain menarik, b) ditinju dari segi isi, siswa dan guru membutuhkan buku panduan bermain peran sebagai berikut: i) buku panduan yang menjadikan siswa lebih memahami bermain peran, ii) memuat lathan dasar yang mudah dipahami siswa, iii) memuat langkahlangkah bermain peran, iv) memuat contoh bermain peran yang menarik, (2) dari hasil penilaian guru dan dosen ahli, atas buku panduan bermain peran diperoleh kesimpulan sebagai berikut: a) guru memberikan nilai 94,1 dan b) dosen ahli memberikan nilai 80,72, dan perbaikan-perbaikan yang dilakukan pada prototipe buku panduan bermain peran meliputi: 1) perbaikan pada sampul buku panduan bermain peran, yakni: a) perubahan judul dan gambar sampul, 2) perbaikan pada isis buku panduan bermain peran, yakni: a) penambahan materi yang memotivasi dan menumbuhkan kreatifitas siswa, b) penambahan tujuan dan manfaat bermain peran, c) meningkatkan variasi materi, d) menambahkan kolom-kolom yang berisi wawancara dan kesimpulan yang berkaitan dengan materi, e) memperbaiki bahasa menjadi bahasa yang kebih komunikatif. Berdasrkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) materi penunjang pembelajaran bermain peran dikembangkan dalam bentuk buku panduan beemain peran, (2)nilai yang diperoleh prototipe buku panduan bermain peran dari hasil penilaian guru dan dosen ahli adalah 87,41, (3) perbaikan yang dilakukan pada prototipe buku panduan bermain peran meliputi dua kegiatan, yaitu 1) penambahan komponen, 2) perubahan (perbaikan) komponen. Saran yang penulis rekomendasikan adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bermain peran, hendaknya guru dan orang tua senantiasa memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa untuk belajar mengenai bermain peran, (2) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku-buku bermain peran yang sudah ada terhadap pembelajarn bermain peran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bermain peran, pengertian bermain peran, latihan dasar bermain peran, langkah-langkah bermain peran, dan buku panduan bermain peran.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:29
Last Modified: 18 Jan 2018 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28598

Actions (login required)

View Item View Item