PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA MORAL (FABEL) DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VIII G SMP KESATRIAN 1 SEMARANG


Lufianto Dani Permana , 2101411142 (2016) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA MORAL (FABEL) DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VIII G SMP KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411142.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (643kB) | Preview

Abstract

Hasil identifikasi menunjukkan bahwa masalah dalam pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) adalah kesulitan siswa menemukan ide cerita. Kesulitan tersebut berakibat timbulnya masalah yang kompleks yakni ketidaksesuaian cerita moral dengan struktur teks cerita moral (fabel), penggunaan ejaan yang masih salah, kedangkalan alur, ketidaksesuaian judul dengan isi cerita, serta ketidaksesuaian nilai moral yang diangkat. Berpandangan bahwa pemilihan model, teknik, maupun media sangat penting karena akan berpengaruh pada hasil pembelajaran yang dicapai, peneliti mencoba menawarkan sebuah teknik yang diharapkan mampu menjawab masalah-masalah yang timbul, yakni teknik quantum writing. Berdasarkan analisis, teknik ini mampu meningkatkan keterampilan menyusun teks atau membuat tulisan berstuktur. Dicapai beberapa rumusan masalah yaitu 1) bagaimana proses pemanfaatan teknik quantum writing untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita moral (fabel) pada siswa kelas VIII G SMP Kesatrian 1 Semarang, 2) bagaimana perubahan sikap spiritual siswa dalam menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami dan menyajikan informasi lisan dan tulis setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing, 3) bagaimana perubahan sikap sosial siswa dengan memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing, dan 4) bagaimana peningkatan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita moral (fabel) yang dibuat secara tertulis setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian bertujuan mendeskripsikan proses pemanfaatan teknik quantum writing untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita moral (fabel) pada siswa kelas VIII G SMP Kesatrian 1 Semarang, mendeskripsikan perubahan sikap spiritual siswa dalam menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami dan menyajikan informasi lisan dan tulis setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing, mendeskripsikan perubahan sikap sosial siswa dengan memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing, serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita moral (fabel) yang dibuat secara tertulis setelah mengikuti pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan teknik quantum writing. Penelitian ini mengunakan model Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseacrh) yang terdiri atas empat tahap, yakni 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi atau pengamatan, dan 4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini, yang diamati adalah pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel) dengan menggunakan teknik pembelajaran quantum writing. Sumber data keterampilan menyusun teks cerita moral (fabel) adalah siswa. Sumber data pelaksanaan teknik pembelajaran quantum writing adalah guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pada proses pembelajaran menyusun teks cerita moral (fabel), persentase rata-rata siklus I dan siklus II yaitu 62,8% dan 87,3%. Terjadi peningkatan persentase sebesar 24,5%. Berdsarkan hasil wawancara dan analisis angket, perubahan ini terjadi karena pengubahan sarana pembentuk lingkungan belajar dari yang semula berbantuan musik menjadi berbantuan gambar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan keadaan bahwa presentase ketuntasan aspek sikap spiritual adalah 55,6% untuk siklus I, dan 70,9% untuk siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 15,4% pada aspek sikap spiritual. Untuk aspek sikap sosial, ditemukan keadaan bahwa presentase ketuntasannya yaitu 87,1% untuk siklus I, dan 90,9% untuk siklus II. Pasa aspek sikap sosial hanya terjadi peningkatan sebesar 3,8%. Selisih peningkatan aspek spiritual lebih tinggi, hal ini dikarenakan kondisi awal pemerolehan sikap spiritual memang rendah. Berbeda dengan pemerolehan sikap sosial yang pada siklus I sudah menunjukkan kategori membudaya. Pada aspek keterampilan, ditemukan kondisi: siklus I mencapai rata-rata 63,8 dengan persentase ketuntasan 15%, sedangkan siklus II mencapai rata-rata 83,9 dengan presesntase ketuntasan 82%. Peningkatan keterampilan tersebut tertdiri atas peningkatan aspek kesesuaian judul, kesesuaian struktur, kedalaman alur, kesesuaian bahasa, dan kesesuaian aspek nilai moral yang diangkat berturutturut adalah 20,5; 28,0; 18,9; 19,7; dan 13,6. Bersarkan analisis dan wawancara, peningkatan ini terjadi kerana siswa lebih kondusif dalam mengerjakan tes menyusun teks cerita moral (fabel). Saran yang direkomendasikan oleh peneliti yaitu: sebagai siswa, hendaknya selalu aktif dalam kegiatan belajar; sebagai guru, diharapkan mampu menerapkan teknik quantum writing sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks; sebagai pihak sekolah, hendaknya mengembangkan teknik quantum writing sebagai upaya pengembangan sekolah, utamanya untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah; dan sebagai sesama peneliti, diharapkan mampu menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran quantum writing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik pembelajaran quantum writing, keterampilan menyusun, dan teks cerita moral (fabel).
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:06
Last Modified: 20 Dec 2017 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28597

Actions (login required)

View Item View Item