PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS


Novi Anggita Ningtyas , 1401412391 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412391.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (311kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa, baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah kecerdasan emosional. Faktor lain yang memengaruhi hasil belajar adalah cara belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas sebanyak 220 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan one sample t test, analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung>ttabel (10,389>1,977); (2) ada pengaruh yang signifikan cara belajar guru terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (9,408>1,977); (3) ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kecerdasan emosional dengan cara belajar yang ditunjukkan dengan nilai rhitung<rtabel (0,109<0,167); (4) ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan cara belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (10,879>3,0064); (5) besarnya pengaruh kecerdasan emosional 10,9%; (6) besarnya pengaruh cara belajar 4,5%; dan (7) besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan cara belajar 14,1%. Kecerdasan emosional dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa. Namun pengaruh tersebut tergolong rendah. Oleh karena itu hendaknya bagi siswa yang memperoleh hasil belajar tinggi dapat mempertahankannya. Sementara itu, siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah, dapat meningkatkannya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cara belajar, hasil belajar, kecerdasan emosional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:18
Last Modified: 10 May 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28596

Actions (login required)

View Item View Item