PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS AA. MARAMIS KENDAL


Lia Rohmawati , 1401412389 (2016) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS AA. MARAMIS KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412389.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal pada siswa siswa kelas IV SDIT Robbani kendal dengan hasil belajar matematika yang masih rendah dikarenakan kurangnya kedisiplinan siswa dalam belajar serta kurangnya minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengkaji pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika Kelas IV SD Gugus AA. Maramis Kecamatan Kota Kendal, (2) mengkaji pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika Kelas IV SD Gugus AA. Maramis Kecamatan Kota Kendal, (3) mengkaji pengaruh disiplin belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika Kelas IV SD Gugus AA. Maramis Kecamatan Kota Kendal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus AA. Maramis Kendal yang berjumlah 209 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswa atau 40% dari populasi yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumenter dan skala psikologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif yang bersifat kausalitas. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisisdan analisis data akhir menggunakan uji hipotesis dan uji analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 33,29% yang ditunjukkan dengan nilai thitung =6,363 dengan signifikansi 0,00 dimana 0,00 < 0,05(2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 37,70% yang ditunjukkan dengan nilaithitung =7,001 dengan signifikansi 0,000 dimana 0,000 <0,05. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 85,6%. yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 274,774 dengan nilai signifikansi 0,00< 0,05. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa disiplin belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus AA. Maramis baik secara parsial maupun simultan. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah siswa hendaknya dapat meningkatkan disiplin belajar dan minat serta perhatian dalam pembelajaran. Guru hendaknya bisa membangkitkan disiplin belajar dan minat belajar yang sudah ada dalam diri siswa melalui motivasi dan bimbingan serta pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar, hasil belajar matematika, kelas IV, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:18
Last Modified: 10 May 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item