PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MEME KOMIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G MTS. MATHOLIUL HUDA JEPARA


Wulan Ayu Fitriya , 2101411128 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MEME KOMIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G MTS. MATHOLIUL HUDA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (462kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis poster pada peserta didik kelas VIII G MTs. Matholiul Huda Jepara, nilai yang diperoleh masih rendah karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Masalah yang menyebabkan nilai peserta didik masih rendah yaitu peserta didik kesulitan dalam menemukan inspirasi untuk menulis kalimat-kalimat untuk poster, peserta didik masih kesulitan dalam menerapkan penggunaan EYD terutama dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca, serta kurangnya latihan menulis poster sehingga peserta didik belum terbiasa dengan desain gambar dan tampilan poster yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan nilai menulis poster peserta didik setelah menggunakan media gambar meme komik melalui pendekatan kontekstual, proses pembelajaran menulis menggunakan media gambar meme komik dan pendekatan kontekstual, serta perubahan perilaku peserta didik kelas VIII G MTs. Matholiul Huda Jepara setelah mengikuti pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar meme komik melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III dengan batas nilai minimal 75. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis poster peserta didik kelas VIII G MTs. Matholiul Huda Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik menulis poster, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara, menulis jurnal guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menulis poster diketahui bahwa proses pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar meme komik melalui pendekatan kontekstual berlangsung kondusif, intensif, dan menyenangkan. Peserta didik terlihat lebih bersemangat, aktif mengikuti pelajaran, serta serius dalam menulis poster. Hal tersebut telihat dari hasil keterampilan menulis poster peserta didik yang selalu meningkat dari prasiklus sampai siklus III. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata menulis poster sebesar 51,61. Pada siklus I meningkat sebesar 10,82% menjadi 62,43, pada siklus II meningkat sebesar 13,90% sehingga nilai menjadi 76,33, dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 8,14% sehingga nilai rataix rata menjadi 84,47. Selain hasil menulis poster yang berubah baik, sikap peserta didik selama mengikuti pembelajaran juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dari siklus I ke siklus II, dan siklus II ke siklus III. Saran bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias peserta didik dalam belajar menulis poster, seperti media gambar meme komik dan pendekatan kontekstual. Media gambar dan pendekatan kontekstual telah terbukti dapat meningkatkan nilai menulis poster. Saran bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan tentang menulis poster menggunakan media, pendekatan, maupun model dan metode lain yang lebih kreatif dan variatif, sehingga menambah khazanah dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis poster, media gambar meme komik, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 18:51
Last Modified: 20 Dec 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item