PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI SECARA TERTULIS DENGAN MODEL CONCEPT SENTENCE MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Ina Filasari , 2101411127 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI SECARA TERTULIS DENGAN MODEL CONCEPT SENTENCE MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (518kB) | Preview

Abstract

Hasil prasiklus diketahui bahwa keterampilan menyusun teks biografi pada peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 2 Kudus masih ditemukan nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80. Masalah tersebut disebabkan karena minat dan motivasi peserta didik dalam menyusun teks biografi secara tertulis masih kurang sehingga peserta didik dalam pengembangan gagasan belum terungkap padat. Peserta didik juga tidak terbiasa dalam menyusun teks biografi dengan memperhatikan EYD yang mengakibatkan peserta didik kurang teliti dalam penulisan kalimat, pemilihan kata maupun penggunaan ejaan dan tanda baca, serta kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai tokoh-tokoh yang diceritakan dalam pembelajaran menyusun teks biografi. Model dan media pembelajaran menyusun teks biografi secara tertulis yang digunakan juga masih kurang bervariasi. Selain itu, fasilitas internet yang dimiliki oleh SMP Negeri 2 Kudus kurang dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran menyusun teks biografi. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi pelaksanaan pembelajaran menyusun teks biografi, peningkatan keterampilan peserta didik, dan perubahan sikap peserta didik dalam menyusun teks biografi secara tertulis dengan model Concept Sentence melalui media film dokumenter. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks biografi, memaparkan peningkatan keterampilan peserta didik, dan menjelaskan perubahan sikap peserta didik dalam menyusun teks biografi secara tertulis dengan model Concept Sentence melalui media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks biografi peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 2 Kudus. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks biografi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model Concept Sentence melalui media film dokumenter dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik menyusun teks biografi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, jurnal peserta didik, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyusun teks biografi secara tertulis dengan model Concept Sentence melalui media film dokumenter pada siklus II diketahui berjalan dengan lebih baik dibanding dengan siklus I. Kemudian hasil peningkatan keterampilan menyusun teks biografi pada siklus I memiliki nilai rata-rata menyusun kerangka sesuai dengan struktur isi teks 83,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 7,75% sehingga nilai menjadi 91,25. Kemudian keterampilan menyusun kerangka menjadi teks utuh pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79 dan pada siklus II meningkat sebesar 6% menjadi 85. Selain itu, sikap peserta didik mengalami perubahan ke arah yang lebih positif, yaitu peserta didik memiliki peningkatan nilai rata-rata sikap spiritual dan sosial pada siklus I sebesar 74,5 menjadi 88,75 meningkat sebesar 14,25% pada siklus II. Berkaitan dengan peningkatan hasil penelitian, guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model Concept Sentence melalui media film dokumenter yang dapat meningkatkan nilai menyusun teks biografi peserta didik. Lalu kepala sekolah hendaknya memberikan instruksi kepada guru agar menggunakan fasilitas di sekolah secara maksimal dalam proses pembelajaran, salah satunya internet. Kemudian praktisi pendidikan hendaknya mengadakan penelitian-penelitian lanjutan mengenai keterampilan menyusun teks biografi dengan menerapkan proses pembelajaran yang sesuai dalam mengatasi permasalahan peserta didik dalam menyusun teks biografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun teks biografi, model Concept Sentence, media film dokumenter
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 18:34
Last Modified: 20 Dec 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28593

Actions (login required)

View Item View Item