PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS CERITA PENDEK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA/SMK
Julananda Putri Sahasti , 2101411125 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS CERITA PENDEK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (545kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, guru hanya menggunakan LKS dan buku pegangan yang diberikan oleh pemerintah saja dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Materi yang disajikan pun hanya bersifat umum dan kurang mendalam. Pada kenyataannya peserta didik masih belum mampu menulis cerita pendek dengan baik hanya dengan mengandalkan materi seadanya yang mereka terima baik dari guru maupun sumber-sumber umum yang mereka dapatkan. Relevan dengan kondisi tersebut, diperlukan buku yang berkait dengan keterampilan menulis cerita pendek yang dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan siwa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana analisis kebutuhan buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan untuk siswa SMA/SMK? (2) bagaimana prinsipprinsip pengembangan buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan untuk siswa SMA/SMK? (3) bagaimana prototipe buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan untuk siswa SMA/SMK? (4) bagaimana penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan untuk siswa SMA/SMK? (5) bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan untuk siswa SMA/SMK setelah mendapatkan penilaian dari guru dan ahli? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data. (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, angket, dan wawancara. Angket yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas angket kebutuhan dan angket uji validasi. Angket kebutuhan ditujukan kepada siswa dan guru dengan tujuan mendapatkan data kebutuhan dalam pengembangan buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Angket uji validasi ditujukan kepada guru dan dosen ahli. Angket uji validasi ini membantu peneliti untuk dapat mengetahui saran dan perbaikan yang harus dilakukan sehingga buku yang dikembangkan dapat diperbaiki dengan baik. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai penilaian dosen ahli terhadap buku pengayaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkungan yang menghasilkan karakteristik buku pengayaan. Siswa dan guru berharap buku pengayaan yang sesuai dengan tingkat penguasaan dan pemahaman siswa, disusun dengan menarik dan lengkap, menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami, disertai dengan contoh-contoh teks cerita pendek yang dapat menambah wawasan serta memberikan nilai-nilai karakter bagi siswa. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Prinsip-prinsip penyusunan buku pengayaan meliputi enam aspek, yaitu aspek grafika, bahasa dan keterbacaan, struktur penyajian, teks bacaan, materi dan isi, serta nilai-nilai inspiratif. Ketiga, prototipe buku pengayaan. Buku pengayaan ini terdiri atas tiga bagian pokok, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian pendahuluan berisi halaman prancis, prakata, daftar isi, dan petunjuk penggunaan buku. Bagian isi meliputi dua materi pokok, yaitu materi dasar teks cerita pendek dan materi menulis cerita pendek. Pada bagian penutup berisi contoh-contoh teks cerita pendek dari penulis terkenal, glosarium, daftar pustaka, dan informasi tentang penulis. Keempat, hasil penilaian terhadap prototipe buku pengayaan yang dilakukan oleh guru dan dosen ahli. Aspek grafika memeroleh nilai berkategori baik dengan rata-rata nilai 78,8; aspek bahasa dan keterbacaan memeroleh nilai berkategori baik dengan rata-rata nilai 82,5; aspek teks bacaan memeroleh nilai berkategori baik dengan rata-rata nilai 83,35; aspek materi dan isi memeroleh nilai berkategori baik dengan rata-rata nilai 77,95; aspek nilai-nilai inspiratif memeroleh nilai berkategori baik dengan ratarata nilai 78,15; aspek struktur penyajian memeroleh nilai berkategori baik dengan rata-rata nilai 79,15. Kelima, perbaikan berdasarkan saran perbaikan. Berdasarkan penilaian dan saran perbaikan dari guru dan dosen ahli, peneliti melakukan perbaikan pada buku pengayaan, yaitu (1) perbaikan sampul, (2) perbaikan peletakan nomor halaman, (3) perbaikan bahasa, (4) perbaikan materi, (5) perbaikan variasi jenis huruf, (6) perbaikan contoh teks cerpen, (7) perbaikan nilai karakter peduli lingkungan, (8) penambahan soal latihan, dan (9) perbaikan paragraf, kalimat, pilihan kata, ejaan, dan tanda baca. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini yaitu (1) hendaknya buku pengayaan menulis cerita pendek bermuatan pendidikan karakter peduli lingkugnan dapat digunakan oleh siswa dan guru agar semakin terampil menulis cerita pendek dan memiliki karakter peduli lingkungan yang baik, dan (2) perlunya penelitian lebih lanjut untuk menguji buku pengayaan menulis cerita pendek sehingga dapat digunakan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks cerita pendek, pendidikan karakter peduli lingkungan |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 18:28 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 18:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28592 |
Actions (login required)
View Item |