KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN METODE CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENCATAT KEPUTUSAN NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK


Nanda May Satriyandi , 2101411114 (2016) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN METODE CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENCATAT KEPUTUSAN NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411114.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (443kB) | Preview

Abstract

Negosiasi diperlukan dalam kehidupan manusia karena sifatnya yang begitu erat dengan filosofi kehidupan manusia di mana setiap manusia memiliki sifat dasar untuk mempertahankan kepentingannya. Keterampilan negosiasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik SMK dalam proses pembelajaran, tujuan dalam kurikulum membekali peserta didik keterampilan negosiasi yang bertujuan untuk menghasilkan input yang siap bersaing dikehidupan sosial khususnya dalam dunia usaha/ kerja. Keterampilan negosiasi yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah keterampilan mencatat keputusan negosiasi untuk membuat catatan dari tiap-tiap tahap proses negosiasi. Pembelajaran mencatat keputusan negosiasi memiliki tujuan agar peserta didik mempunyai keterampilan bernegosiasi khususnya dalam keterampilan mencatat pokok-pokok keputusan penting dalam proses negosiasi. Namun, tujuan pembelajaran mencatat keputusan negosiasi tidak akan tercapai apabila guru hanya melaksanakan pembelajaran secara konvensional. Penggunaan metode pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran adalah salah satu solusi agar peserta didik dapat mencapai tujuan dari pembelajaran negosiasi, dengan kata lain peserta didik benar-benar menguasai keterampilan mencatat keputusan negosiasi. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran mencatat keputusan negosiasi adalah metode cooperative sript dan metode concept sentence. Selain menggunakan metode pembelajaran cooperative script dan concept sentence, penelitian ini akan didukung dengan media audiovisual. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana keefektifan metode cooperative script dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK, bagaimana keefektifan metode concept sentence dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK, dan bagaimana perbedaan keefektifan metode cooperative script dan metode concept sentence dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan metode cooperative script dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK, membuktikan keefektifan metode concept sentence dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK, dan membuktikan perbedaan keefektifan metode cooperative script dan metode concept sentence dengan media audiovisual terhadap keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keterampilan mencatat keputusan negosiasi peserta didik kelas XI SMK di Kabupaten Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Perintis 29 Ungaran sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode cooperative script dengan media audiovisual efektif pada keterampilan mencatat keputusan negosiasi. Berdasarkan uji t satu sampel menunjukkan bahwa thitung 9,548 dan nilai signifikan 0,000. Ttabel dengan df=25, yaitu 2,059. Artinya, 9,548 > 2,059 dan 0,000 < 0,05 sehingga metode cooperative script dengan media audiovisual dikatakan efektif. (2) Metode concept sentence dengan media audiovisual efektif digunakan pada keterampilan mencatat keputusan negosiasi. Berdasarkan uji t satu sampel menunjukkan bahwa thitung 3,312 dan nilai signifikan 0,003. Ttabel dengan df=22, yaitu 2,073. Artinya, 3,312 > 2,073 dan 0,003 < 0,05 sehingga metode concept sentence dengan media audiovisual dapat dikatakan efektif. (3) Metode cooperative script dengan media audiovisual lebih efektif dibandingkan metode concept sentence dengan media audiovisual. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen > kelas kontrol, yakni 79,92 > 71,96. Hasil penghitungan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,087 > 2,011). Hal ini menunjukkan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mencatat keputusan negosiasi, metode cooperative script, metode concept sentence, media audiovisual.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 18:20
Last Modified: 20 Dec 2017 18:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28590

Actions (login required)

View Item View Item