KEEFEKTIFAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK CYBER (IKC) DAN MODEL INSTRUKSI PARTISIPATORI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI TENTANG KEINDAHAN ALAM PADA KELAS VII SMP NEGERI 30 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Boki Andristyawan , 2101411104 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK CYBER (IKC) DAN MODEL INSTRUKSI PARTISIPATORI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI TENTANG KEINDAHAN ALAM PADA KELAS VII SMP NEGERI 30 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (528kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran merupakan aspek yang penting dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Ketepatan dalam memilih model pembelajaran dapat berdampak dalam hasil akhir yang sesuai dengan tujuan awal pembelajaran. Untuk itu, pengajar harus dan mengenal berbagai model pembelajaran baru yang semakin berkembang di masa sekarang. Menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam merupakan salah satu pembelajaran di jenjang sekolah menengah pertama. Dalam pembelajaran ini, diperlukan model yang sesuai untuk dapat mengatasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik saat menulis puisi. Model yang dirasa cocok dengan pembelajaran tersebut adalah model IKC dan model instruksi patisipatori. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan dari model IKC dan model instruksi partisipatori. Model IKC diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan model instruksi partisipatori diterapkan pada kelas kontrol. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi atau semu. Tujuan pemilihan metode eksperimen adalah untuk menguji hipotesis yang sudah ditetapkan. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Desain dengan adanya tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam pada kelas eksperimen sebelum mendapat perlakuan model IKC memiliki rata-rata pretest sebesar 72,932 termasuk dalam kategori cukup. Sementara itu, nilai rata-rata pada kelas kontrol sebelum memperoleh perlakuan model isntruksi partisipatori sebesar 70,484 termasuk dalam kategori cukup. Pada tahap pretest pada kedua kelas, puisi yang ditulis peserta didik masih menggunakan diksi yang belum padat dan belum begitu memunculkan adanya bahasa figuratif seperti belum adanya majas dan perumpamaan. Puisi dapat dikatakan baik jika antara unsur fisik dan batinnya seimbang. Dalam tahap pretest hanya ada beberapa peserta didik yang sudah mampu memadukan unsur fisik dan batin dalam puisinya dengan cukup baik. Setelah diberikan perlakuan model IKC pada kelas eksperimen, nilai rata-rata posttest menjadi 80,581 termasuk dalam kategori baik. Sementara itu, hasil posttest nilai rata-rata pada kelas kontrol setelah mendapatkan perlakuan model instruksi partisipatori menjadi 77,032 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa thitung 2,114 dan nilai signifikan 0,039. Ttabel dengan dk=60, yaitu 2,000. Artinya, 2,114 > 2,000 dan 0,039 < 0,05 sehingga kedua kelas berbeda secara signifikan. Dengan demikian berdasarkan hasil uji t maka HI diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, model IKC dan model instruksi partisipatori dapat digunakan sebagai alternatif pilihan model pembelajaran menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam. Meskipun kedua model efektif, model IKC menunjukkan hasil yang lebih signifikan dibandingkan model instruksi partisipatori. Model IKC dapat menunjang nilai peserta didik, baik dari aspek sikap maupun keterampilan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model IKC, model instruksi partisipatori, menulis puisi |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 18:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 17:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28588 |
Actions (login required)
View Item |