PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW YANG BERBANTUAN MEDIA POP SAINS UP “FENOMENA ALAM” PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 3 BATANG


Fitri Daniyati , 2101411099 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW YANG BERBANTUAN MEDIA POP SAINS UP “FENOMENA ALAM” PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 3 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (675kB) | Preview

Abstract

Salah satu tantangan pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada jenjang SMP adalah adanya jenis-jenis teks baru yang harus dikuasai oleh peserta didik. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh mereka adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII B di SMP Negeri 3 Batang menyatakan bahwa peserta didik mengalami kesulitan pada pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tulis. Oleh karena itu, keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang tergolong rendah. Hal ini terlihat dari nilai tes keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis mereka, sebanyak 20 peserta didik atau sebesar 55,56% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Batang, yaitu 75 atau 3,00. Ini berarti hanya 16 dari 36 peserta didik atau sebesar 44,44% yang berhasil mencapai KKM. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam. Berdasarkan kondisi tersebut, timbullah masalah yang diteliti, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tulis peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang dengan menggunakan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam; (2) bagaimanakah perubahan sikap spiritual peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang setelah mengikuti proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tulis dengan menggunakan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam; (3) bagaimanakah perubahan sikap sosial peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang setelah mengikuti proses pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tulis dengan menggunakan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam; (5) berapakah besaran peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang dengan menggunakan teknik jigsaw berbantuan media pop sains up fenomena alam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa lembar observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis dengan menggunakan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Batang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil observasi proses pembelajaran yaitu 14,44% dari 68,89% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Sikap spiritual peserta didik meningkat 0,42 dari siklus I 2,94 dengan predikat C ke siklus II 3,36 dengan predikat B. Sikap sosial jujur dan kreatif peserta didik juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata klasikal sikap jujur meningkat 0,47 dari 3,06 dengan predikat B pada siklus I ke siklus II 3,53 dengan predikat B. Selain itu, nilai rata-rata klasikal sikap kreatif juga meningkat 0,47 dari siklus I 2,97 dengan predikat C ke siklus II 3,44 dengan predikat B. Keterampilan peserta didik juga meningkat 0,33 dari 2,78 dengan predikat Bpada prasiklus menjadi 3,11 dengan predikat B pada siklus I, meningkat 0,16 dari 3,11 dengan predikat B pada siklus I menjadi 3,27 dengan predikat B+ pada siklus II. Tanggapan peserta didik dan guru juga sangat positif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) tersebut, maka peneliti merekomendasikan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia untuk menerapkan teknik jigsaw yang berbantuan media pop sains up fenomena alam dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tulis. Teknik jigsaw dapat meningkatkan tanggung jawab peserta didik selama proses pembelajaran. Sementara itu, penggunaan media pop sains up fenomena alam ini juga dapat memudahkan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi secara tulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tulis, teknik jigsaw, media pop sains up fenomena alam
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2017 18:08
Last Modified: 20 Dec 2017 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item View Item