KEEFEKTIFAN ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BENDA-BENDA LANGIT SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL


Faridotun Khoiroh , 1401412387 (2016) KEEFEKTIFAN ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN BENDA-BENDA LANGIT SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMURPANGGANG 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412387.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (534kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA membahas tentang alam dan seisinya. Kebanyakan siswa SD kurang tertarik dengan IPA karena proses pembelajaran IPA kurang memperhatikan karaketeristik siswa SD. Sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya, siswa SD berada pada tahap operasional konkret. Segala sesuatu yang dipelajari masih membutuhkan media yang nyata dan dekat dengan lingkungannya. Salah satu media yang dapat digunakan guru adalah media berbasis teknologi seperti media Adobe Flash. Hasil penelitian yang relevan menunjukan bahwa penggunaan media Adobe Flash efektif dalam meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa pada tingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Adobe Flash terhadap aktivitas dan hasil belajar perubahan kenampakan bendabenda langit pada siswa kelas IV SDN Sumurpanggang 1 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalentcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 47 siswa, terdiri dari 23 siswa kelas IV A dan 24 siswa kelas IV B.. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan media adobe flash dengan yang menggunakan media gambar dan mengetahui keefektifan media adobe flash terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa t hitung sebesar 0,357 dan ttabel sebesar -1,697 (thitung > ttabel), maka aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan benda-benda langit yang menggunakan media adobe flash lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang menggunakan media gambar. Selanjutnya, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung sebesar 0,000 dan ttabel sebesar - 1,697 (thitung > ttabel), maka hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan benda-benda langit yang menggunakan media adobe flash lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media adobe flash terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan benda-benda langit. Bagi peneliti lanjutan yang ingin melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variasi dan cakupan materi yang luas dalam bentuk animasi, vidio dan quis pada media adobe flash.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, dan media adobe flash.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:18
Last Modified: 10 May 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28585

Actions (login required)

View Item View Item