PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS PUNTADEWA KOTA SEMARANG


Rizky Diah Anggraeni , 1401412386 (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS PUNTADEWA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412386.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (863kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu data awal hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas V SDN Bojong Salaman 02 sebagian besar kemandirian belajar dan gaya belajarnya masing kurang, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika, maka diteliti kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika di SDN Gugus Puntadewa Kota Semarang dengan tujuan penelitian untuk: (1) mengkaji pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) mengkaji pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) mengkaji pengaruh kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bersifat kausalitas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 253 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Proportional Random Sampling dengan sampel berjumlah 102 siswa. Variabel penelitian ini adalah kemandirian belajar, gaya belajar, dan hasil belajar matematika. Data dikumpulkan dengan teknik nontes berupa angket, skala, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 41,99% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,434 dan nilai thitung sebesar 8,469 dengan sig. 0,000 < 0,05; (2) adanya pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 31,92% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,422 dan nilai thitung sebesar 6,822 dengan sig. 0,000 < 0,05; (3) adanya pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 78,1% yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 180,737 dengan sig. 0,000 < 0,05. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = - 45,827 + 0,434X1 + 0,422X2. Simpulan penelitian yaitu kemandirian belajar dan gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Puntadewa Kota Semarang baik secara parsial maupun simultan. Saran dari peneliti yaitu guru hendaknya membantu siswa dalam menumbuhkan kemandirian belajar dan memahami gaya belajarnya melalui multimetode yang digunakan guru saat mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, hasil belajar matematika, kemandirian belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:17
Last Modified: 10 May 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item