PELAKSANAAN PENILAIAN SENI TARI (Studi Kasus di SD Negeri Sekolah Binaan 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes)


Yodhi Wahyu Anggoro , 1401412385 (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN SENI TARI (Studi Kasus di SD Negeri Sekolah Binaan 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412385.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari penting untuk dilaksanakan karena keterampilan seni tari yang didapat pada sekolah dasar dapat menjadi bekal siswa saat menempuh dan mendapatkan seni tari pada jenjang pendidikan selanjutnya. Berhasil atau tidaknya sebuah pembelajaran seni tari di sekolah tidak lepas dari peran seorang guru dan penilaian yang dilakukan oleh guru. Saat proses penilaian akan dilaksanakan, guru harus merancang dengan cermat rencana penilaian. Pelaksanaan penilaian seni tari di SD Negeri Sekbin 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes belum memenuhi standar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian seni tari pada kelas IV SD Negeri Sekbin 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Pelaksanaan penilaian yang dimaksud terkait dengan penyusunan perangkat penilaian, portofolio penilaian, aspek penilaian, faktor pendukung dan penghambat, dan kebijakan pelaksanaan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas IV serta kepala SD Negeri Sekbin 3 dan kepala UPTD Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sekolah yang melaksanakan penilaian seni tari dan tidak melaksanakan penilaian seni tari. Guru yang melaksanakan penilaian seni tari tidak menyusun perangkat penilaian seperti kisi-kisi dan deskriptor penilaian. Pada Sekbin 3 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes hanya satu sekolah yang menilai keseluruhan aspek penilaian yakni, kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun, tidak semua hasil penilaian diportofoliokan. Pelaksanaan penilaian seni tari dipengaruhi faktor pendukung yakni adanya kompetensi dasar pada sebuah tema. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan penilaian seni tari yang dialami guru adalah kemampuan guru dan kurangnya waktu. Kebijakan terkait pembelajaran seni tari turut mempengaruhi pelaksanaan penilaian seni tari. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru hendaknya melaksanakan penilaian pada seni tari dengan perencanaan yang baik dan pelaksanaan yang maksimal pada setiap aspeknya. Hendaknya pemerintah mengadakan pelatihan atau penataran terkait penilaian seni tari untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan penilaian seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Penilaian Seni Tari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:17
Last Modified: 10 May 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item