PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN


Farid Ubaidillah , 1401412382 (2016) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS WIJAYA KUSUMA KECAMATAN NGALIYAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412382.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (261kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA harus dirancang sesuai kebutuhan, karakter dan kemampuan siswa. Model pembelajaran yang variatif dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Model pembelajaran yang terlalu berorientasi kepada guru (teacher centered) cenderung mengabaikan hak-hak dan kebutuhan serta pertumbuhan dan perkembangan siswa, sehingga proses pembelajaran yang menyenangkan, mencerdaskan, aktif dan kreatif kurang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model group investigation dengan media flashcard terhadap hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 186 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling, dan didapatkan siswa kelas IV SDN Beringin 01 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN Podorejo 02 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas, uji One Way Anova untuk uji homogenitas, uji linieritas, uji independent sample t-test dan uji regresi sederhana untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 74,02 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,25; (2) hasil output uji independent sample t test berbantuan program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) sebesar 0,045. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,045 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent ttest dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol; (3) hasil uji hipotesis pengaruh aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran model group investigation dengan media flashcard terhadap hasil belajar menggunakan uji regresi linier berbantuan SPSS versi 20 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi menunjukkan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel aktivitas dengan hasil belajar IPA menggunakan model group investigation dengan media flashcard. Simpulan penelitan yaitu model group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma. Saran yang peneliti ajukan bagi guru dan sekolah agar model pembelajaran group investigation tetap dijadikan alternatif model pembelajaran di SD dengan syarat guru memahami model group investigation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; hasil belajar IPA; model group investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:17
Last Modified: 10 May 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item