PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN KROYA


Zahra Annurul Putri , 1401412381 (2016) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN KROYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412381.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (394kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran. Walaupun pembelajaran tidak hanya dilaksanakan dengan metode ceramah, tetapi juga diterapkannya pembelajaran kooperatif, namun guru masih banyak cenderung lebih berperan dalam penemuan konsep, dan penyelesaian soal-soal latihan. Sehingga siswa menjadi kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Pendekatan RME dapat dijadikan pendekatan alternatif yang akan mendorong siswa aktif dengan menyajikan benda nyata atau permasalahan dalam kehidupan nyata untuk mencapai pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Gajah Mada Kecamatan Kroya. Sementara itu sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan SDI Plus Mastihoh kelas 4A sebagai kelas kontrol, SDI Plus Masyithoh kelas 4B sebagai kelas eksperimen, SDN Bajing Kulon 01 sebagai kelas uji coba instrumen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi geometri, variabel bebasnya adalah pendekatan RME, dan variabel moderatornya adalah aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda yang kemudian dianalisis menggunakan .uji-t dan n-gain. Sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar pengamatan yang kemudian dianalisis dengan uji regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan RME berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada mata pelajaran matematika materi geometri. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 80,38, sedangkan di kelas kontrol 60,77. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (3,961) > ttabel (1,711), berarti bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan RME lebih besar dibanding kelas kontrol. Kemudian hasil uji regresi linier antara aktivitas dalam pendekatan RME dengan hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi (0,000) <alpha (0,05), dapat disimpulkan ada pengaruh yang nyata (signifikan) antara aktivitas dalam pendekatan RME dengan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, hendaknya guru memilih alternatif pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dengan menyajikan benda nyata atau permasalahan dalam kehidupan nyata untuk mencapai pemahaman siswa. Untuk siswa, hendaknya lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Pendekatan RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:17
Last Modified: 10 May 2019 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item View Item