PEMBELAJARAN KESENIAN WAYANG KREASI UNTUK MENGETAHUI MINAT ANAK TERHADAP WAYANG


Vemaska Kirana , 1601412016 (2016) PEMBELAJARAN KESENIAN WAYANG KREASI UNTUK MENGETAHUI MINAT ANAK TERHADAP WAYANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (326kB) | Preview

Abstract

Modernisasi dan globalisasi dapat menggerus jati diri bangsa jika tidak disikapi dengan bijak, salah satu jatidiri bangsa adalah kebudayaan, sedangkan unsur budaya yang paling menonjol adalah kesenian. Kesenian wayang merupakan kesenian asli dari Indonesia, namun dewasa ini wayang hanya diminati oleh kalangan orang yang sudah berumur saja dan banyak anak usia dini belum mengenal wayang, padahal merekalah yang nantinya akan melestarikan kebudayaan bangsa ini. Pembelajaran kesenian wayang kreasi merupakan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan minat anak terhadap wayang. Pembelajaran tersebut dilaksanakan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa TK Pertiwi Ngargomulyo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dan B2 TK Pertiwi Ngargomulyo. Dilihat dari tabel 4.10 Menunjukkan terdapat peningkatan nilai mean pretest yang semula 102,50 menjadi 139,97 sehingga terjadi peningkatan mean posttestnya sebesar 37,47. Setelah diberikan perlakuan terdapat peningkatan pada minat anak, terlihat dari mean (rata-rata) sebesar 139,97. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kesenian Wayang Kreasi, Minat Anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 19:00
Last Modified: 19 Dec 2017 19:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item