“Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Komunikasi Intrapersonal pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Pelajaran 2015/2016


Rizky Intansari , 1301411008 (2016) “Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Komunikasi Intrapersonal pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Pelajaran 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (251kB) | Preview

Abstract

Dalam komunikasi intrapersonal individu akan mengelola emosinya dan merasa percaya diri untuk melakukan komunikasi dalam diri sebelum berkomunikasi dengan orang lain. Tingkat kemampuan siswa dalam berkomunikasi intrapersonal sangat mempengaruhi kesuksesan. Adapun faktor lain yang menentukan kesuksesan seseorang dalam berkomunikasi intrapersonal adalah kecerdasan emosional dan kepercayaan diri. Sebanyak 60% siswa dari 143 siswa kelasa X SMA Negeri 1 Kutasari dalam penelitian ini merasa kesulitan dan dalam mengembangkan komunikasi intrapersonal. Siswa sulit mengungkapkan pendapatnya ketika diskusi, sulit maju kedepan untuk mengerjakan soal didepan kelas,siswa cenderung berdiam diri saat berkumpul dengan teman-temannya berusaha menghindar saat diajak bicara dengan guru ataupun temannya, siswa sulit menutarakan isi hatinya dan tidak mampu mengaktualisasi dirinya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antarakepercayaan diri dan kecerdasan emosionalterhadap kemampuan komunikasi intrapersonal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi intrapersonal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang diguanakan yaitu variabel independen (kepercayaan diri dan kecerdasan emosional) dan variabel dependen (kemampuan komunikasi intrapersonal). Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutasari sebanyak 143 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara skala psikologis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y = 3,436 + 0.142X1 +0.142X2 + e. Ada hubungan secara signifikan sebesar 96,6%, sedangkan hubungan secara parsial kepercayaan diri sebesar 58,52%, kecerdasan emosional5,06%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antarakepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi intrapersonal pada siswa kleas X SMA Negeri 1 Kutasari. Saran untuk guru BK yaitu perlunya pemberian poin khusus untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi intrapersonal pada siswa. Sedangkan saran untuk pihak sekolah yaitu perlunya meningkatkan stakeholder sekolah sehingga tercipta kerjasama untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri, kecerdasan emosional dan kempuan komunikasi intrapersonal pada siswa agar memiliki karakter yang unggul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, kecerdsan emosional, kemampuan komunikasi intrapersonal.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:27
Last Modified: 20 Dec 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28576

Actions (login required)

View Item View Item