MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Marya Ulfa , 1301411005 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII F SMP Negeri 15 Semarang yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kecenderungan memiliki motivasi belajar yang rendah, dengan indikator tekun menghadapi tugas, tidak lekas putus asa, menunjukkan minat terhadap masalah belajar, lebih senang belajar mandiri, senang mencari dan memecahkan soal-soal, dapat mempertahankan pendapatnya, adanya hasrat dan keinginan berhasil, serta adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar. Rumusan masalah yaitu apakah motivasi belajarsiswa dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan media komik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalammeningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan informasi dengan media komik.Manfaat penelitian ini yaitu memperkaya kajian tentang motivasi belajar melalui layanan informasi dengan media komik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design.Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Semarang. Teknik sampel diambil dengan teknik sampel jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis motivasi belajar dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji t ( t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar. Tingkat motivasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan informasi dengan media komikberada pada kriteria sedang (58,03%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan informasidengan media komikmasuk dalam kategoritinggi (78,37%). Hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 48,802 dan ttabel = 2,042, jadi nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, motivasi belajar siswa dapat diitingkatkanmelalui layanan informasi dengan media komik. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan media komik. Saran bagi Guru BK, hendaknya dapat mengoptimalkan layanan informasi sebagai salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar.Bagi sekolah, hendaknya memberikan fasilitas yang memadai dan mendukung pemberian layanan.Bagi peneliti lain, sebaiknya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan media tertentu ataupun layanan bimbingan dan konseling yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; layanan informasi; media komik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:28
Last Modified: 20 Dec 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item