PELAKSANAAN PERAN WALI KELAS DALAM MENDUKUNG PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI SE-KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Danu Brahmana Putra , 1301411003 (2016) PELAKSANAAN PERAN WALI KELAS DALAM MENDUKUNG PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI SE-KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada melalui wawancara yang telah dilakukan dengan wali kelas dan guru pembimbing/konselor di SMA Negeri se-Kota Tegal yang menunjukkan kurangnya peran wali kelas dalam mendukung pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui data empiris peran wali kelas dalam mendukung pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh wali kelas di SMA negeri se-Kota Tegal. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif persentase mengenai peran wali kelas dalam mendukung pelaksanaan pelayan bimbingan dan konseling secara keseluruhan adalah sebesar 57,06% tergolong dalam kriteria cukup tinggi. Frekuensi jawaban pada tiap komponen yang memiliki pemahaman dengan kriteria “tinggi” (Peran wali kelas dalam pelaksanaan pelayanan Bk dengan persentase 70,38%, memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan pelayanan Bk dengan persentase 68%) dan frekuensi jawaban pada tiap komponen yang memiliki pemahaman dengan kriteria “ Cukup tinggi” (Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam pelayanan BK 66,09%, berpartisipasi dalam kegiatan konferensi kasus penanganan siswa dengan persentase 66,22%,mengalihtangankan kasus siswa kepada guru pembimbing/ konselor dengan persentase 67,58%). Dengan demikian dapat diartikan bahwa wali kelas memiliki peran yang cukup tinggi dalam mendukung pelaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata wali kelas di SMA Negeri se-Kota Tegal memiliki peran yang cukup tinggi dalam mendukung pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling Dengan demikian diharapkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah senantiasa melibatkan peranan guru kelas dalam pelaksanaan kegiatan BK dalam rangka mengefektifkan pencapaian tujuan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling yang optimal dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Wali Kelas, Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:27
Last Modified: 20 Dec 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item