PENGARUH LAYANAN INFORMASI MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG DAMPAK BERMAIN VIDEO GAMES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 2 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Nanda Rifky Alfian , 1301411002 (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG DAMPAK BERMAIN VIDEO GAMES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 2 GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan di kelas V SD Negeri Ngijo 2 Gunugpati yang menunjukan banyak sekali siswa yang suka bermain Video Games. Hasil wawancara kepada seluruh siswa kelas V menunjukan bahwa siswa masih belum paham dampak dari bermain Video Games. Data ini diperkuat dengan artikel berita nasional yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belum paham dengan dampak bermain Video Games yang berakibat menimbulkan dampak negatif bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan informasi dengan media cerita bergambar dapat berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang dampak bermain Video Games. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas SD Negeri Ngijo 2 Gunugpati yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, populasi yang diambil digunakan sebagai sampel yang berjumlah 21 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa tentang dampak bermain Video Games sebelum dan setelah diberikan treatment berupa layanan informasi media cerita bergambar mengalami peningkatan sebesar 12,80%. Media cerita bergambar dapat digunakan untuk menjadikan siswa memahami tentang dampak bermain Video Games. Selain itu diperloleh data melalui beda t-tes dengan n=21 taraf signifikansi 5% didapatkan Thitung > Ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberikan treatment berupa layanan layanan informasi media cerita bergambar terdapat peningkatan pemahaman siswa tentang dampak bermain Video Games pada siswa kelas V SD Negeri Ngijo 2 Gunungpati Kota Semarang, dan terbukti bahwa layanan informasi media cerita bergambar berperngaruh pada pemahaman siswa tentang dampak bermain Video Games. Saran yang dapat diberikan agar guru melakukan influsi dengan konselor dalam memberikan media cerita bergambar dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak bermain Video Games.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerita bergambar; layanan informasi; pemahaman siswa, dampak Video Games
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Dec 2017 19:27
Last Modified: 20 Dec 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28572

Actions (login required)

View Item View Item